Menu

Mode Gelap

PENDIDIKAN · 14 Sep 2023 21:38 WIB

Disdik Sumenep Tekankan Evaluasi Berkala Penerapan Perpustakaan Digital


 Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Ardiansyah Ali Sochibi, saat Workshop Perpustakaan Digital pada Sekolah Penggerak, di HK Resto, Kamis (14/9/2023). Perbesar

Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Ardiansyah Ali Sochibi, saat Workshop Perpustakaan Digital pada Sekolah Penggerak, di HK Resto, Kamis (14/9/2023).

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menekankan sekolah penggerak di lingkungannya melakukan evaluasi berkala terhadap penerapan perpustakaan digital untuk mengetahui perkembangannya.

Penekanan disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Agus Dwi Saputra melalui Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Ardiansyah Ali Sochibi, saat Workshop Perpustakaan Digital pada Sekolah Penggerak, di HK Resto, Kamis (14/9/2023).

Ardi mengungkapkan, bahkan Dinas Pendidikan merencanakan dua bulan lagi, mem-follow-up progres terhadap perpustakaan digitalnya.

“Selain itu, Dinas Pendidikan juga siap memfasilitasi Lapor BOS dalam bentuk digitalisasi yang pengembangannya melalui website yang bisa diakses sekolah secara langsung,” jelasnya.

Menurutnya, di era digital  untuk mengembangkan minat baca, serta literasi dalam meningkatkan kecerdasan pendidik dan tenaga didik perlu transformasi perpustakaan ke arah digitalisasi.

“Teknologi dan Informasi telah menjadi bagian tidak terpisahkan di kehidupan saat ini, sehingga pengembangan perpustakaan bertujuan untuk mengembangkan minat dan gemar membaca,” terang Ardi.

Pihaknya mengatakan, bahwa perpustakaan digital membuka akses yang luas terhadap informasi sebagai sumber belajar yang berefek kepada kegiatan pembelajaran lebih efektif, karena itulah, sekolah penggerak mampu mengimplementasi perpustakaan ini.

“Sekolah Penggerak bisa menjadi contoh, bahkan mampu menggerakkan sekolah lain agar selalu update dan upgrade skillset, toolset untuk mewujudkan sekolah sesuai tuntutan zaman,” harapnya.

Pelaksanaan Workshop Perpustakaan Digital untuk Sekolah Penggerak sendiri diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kabupaten Sumenep dengan bekerja sama dengan PT Erlangga.

Dengan peserta workshop perpustakaan digital untuk sekolah penggerak diikuti sebanyak 26 Kepala Sekolah Penggerak dan sebanyak 26 OPS jenjang Sekolah Dasar, dengan narasumber berasal dari Tim PT Erlangga. (*ji/ily)

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Kepala Bappeda Arif Firmanto Peroleh Gelar Doktor: Saya Persembahkan untuk Pembangunan Sumenep

13 Juli 2024 - 19:34 WIB

Bupati Sumenep Raih Gelar Doktor Predikat Cumlaude: Semoga Ilmu yang Didapat Bermanfaat kepada Masyarakat

12 Juli 2024 - 17:03 WIB

Kasi Pendma Kemenag Bakal Panggil Kepala MTsN 2 Sumenep Soal Biaya Daftar Ulang, Buku Tulis-Atribut Seragam

9 Juli 2024 - 16:35 WIB

MTsN 2 Sumenep Bakal Tarik Biaya Daftar Ulang dan Buku Tulis-Atribut Seragam

9 Juli 2024 - 16:18 WIB

Persiapkan Siswa-siswi Jadi Generasi Qurani, Yayasan Madaris Mahwil Ummiyah Gelar Haflatul Imtihan ke-22

7 Juli 2024 - 21:43 WIB

Lembaga UKW Fikom Unitomo Gelar Literasi Digital Perangi Hoaks

24 Juni 2024 - 20:35 WIB

Trending di PENDIDIKAN