Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 5 Des 2022 22:44 WIB

RSUD Moh Anwar Dukung Pemkab Sumenep Tindaklanjuti Instruksi Presiden soal Penggunaan Motor Listrik


 Direktur dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, M.Kes. (foto/jurnalis-indonesia.com) Perbesar

Direktur dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, M.Kes. (foto/jurnalis-indonesia.com)

SUMENEP, (JURNALIS INDONESIA) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle), sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah.

Pemerintah Kabupaten Sumenep menindaklanjuti Instruksi Presiden ini dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 87 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan motor berlistrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas Pemerintah Kabupaten Sumenep.

BACA JUGA: RSUD Moh Anwar Sumenep bersama Puskesmas Rakor Penyamaan Pemahaman Implementasi Program UHC

Bupati Sumenep Achmad Fauzi juga dalam rangka mewujudkan program pemerintah Instruksi Presiden ini juga sudah telah menerapkan beralih ke penggunaan kendaraan listrik, baik motor maupun mobil untuk kendaraan operasional di lingkungan pemerintah daerah di ujung timur pulau Madura. Yang pengadaannya dilakukan secara bertahap.

Seiring dengan itu, satu satunya rumah sakit umum pelat merah milik Pemkab Sumenep yang dipimpin oleh Direktur dr. Erliyati, M.Kes, juga mulai menerapkan penggunaan kendaraan motor listrik untuk menunjang operasional RSUD dr. H. Moh. Anwar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Lulus Akreditasi Paripurna Standar Kemenkes, Direktur RSUDMA Sumenep Komitmen Berinovasi dan Melayani

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar dr. Erliyati melalui Kasi Humas rumah sakit pelat merah Pemkab Sumenep, Arman Andika Putera menyampaikan, penggunaan motor listrik di rumah sakit dipakai untuk memobilisasi obat-obatan antardepo.

Kemudian lanjut dia, motor listrik di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep juga dipakai misalnya untuk mengambil darah di PMI, yang sebelumnya memakai armada transportasi yang memakai gas bumi.

Arman mengaku, keberadaan penggunaan motor listrik untuk penunjang operasional program pemerintah yang mulai diterapkan dipakai oleh RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep sangat membantu dalam akselerasi pelayanan. Selain itu diakuinya, kendaraan listrik membuat nyaman petugas dalam melakukan mobilisasi.

“Selain mempercepat pelayanan, kendaraan listrik ini juga membuat nyaman petugas dalam melakukan mobilisasi,” ujarnya.

Arman memaparkan, saat ini di RSUD dr. H. Moh. Anwar baru terdapat dua armada motor listrik yang dipakai menunjang sarana pelayanan rumah sakit pelat merah milik pemerintah daerah kabupaten Sumenep.

Namun untuk kedepannya, sambung Arman, keberadaan motor listrik di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep itu bakal ditambah menyesuaikan dengan hasil perhitungan kebutuhan. “Nantinya mungkin Satpam dalam melakukan patroli di lingkungan rumah sakit juga akan difasilitasi sepeda motor listrik,” papar dia.

Bahkan saat ini lanjut Arman, semua koridor rumah sakit juga telah dibenahi dalam rangka untuk mendukung kelancaran aktifitas pelayanan dan hemat energi itu. Menurutnya, upaya yang dilakukan itu semata-mata untuk mewujudkan komitmen RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep yang dipimpin direktur dr. Erliyati dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di ujung timur pulau Madura.

“Semua itu kami lakukan karena kami punya komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan rumah sakit kepada masyarakat,” pungkasnya. (ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 55 kali

Baca Lainnya

Terus Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr. H. Moh. Moh. Anwar Sumenep Kini Miliki 3 Dokter Spesialis Mata

12 Juli 2024 - 07:17 WIB

Pemkab Sumenep Dipimpin Bupati Fauzi Berhasil Turunkan Stunting hingga Raih Penghargaan BKKBN RI

26 Juni 2024 - 22:36 WIB

Lengkap dan Terbaik, Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Layani 260 Pasien per Hari

26 Juni 2024 - 15:09 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Satu-satunya Rumah Sakit di Madura yang Memiliki Poli Onkologi

26 Juni 2024 - 13:48 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Tingkatkan Layanan Terbaik, Kini Hadirkan Alat Deteksi Kanker Payudara

24 Juni 2024 - 13:05 WIB

Pelayanan Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tetap Buka di Hari Cuti Bersama Idul Adha 2024

16 Juni 2024 - 10:16 WIB

Trending di KESEHATAN