Menu

Mode Gelap

TNI · 27 Nov 2022 16:11 WIB

Lomba Kerapan Kambing Dandim Cup Peringati Hari Jadi Sumenep ke 53 Sukses Digelar


 Lomba Kerapan Kambing Dandim Cup Peringati Hari Jadi Sumenep ke 53 Sukses Digelar Perbesar

SUMENEP, JURNALIS-INDONESIA.COM – Kabupaten Sumenep memiliki banyak daya tarik, khususnya bagi wisatawan. Salah satunya tradisi karapan kambing yang diselenggarakan oleh Kodim 0827/Sumenep dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 di Desa Batuan yang kini semakin digandrungi.

Tidak hanya warga Sumenep namun event Karapan Kambing Dandim Cup ini juga diikuti dari Kabupaten lain di Madura.

Kerapan kambing di Desa Batuan ini melombakan adu cepat kambing seperti kerapan sapi, hanya saja joki kerapan kambing tidak ada seperti kerapan sapi, melainkan berteriak di belakangnya agar melaju cepat.

Tak ada kriteria khusus dari jenis kambing yang digunakan. Rata peserta menggunakan kambing lokal (kambing kacang) untuk bertanding. Selain menyiapkan mental, para peserta lomba juga sebelumnya mempersiapkan kambing pacunya.

Pagi itu juga, sebanyak 128 ekor kambing diturunkan dari beberapa mobil bak terbuka dan langsung digiring ke tenda yang sudah disiapkan di lapangan Sumarto Desa Batuan.

Bupati Sumenep yang di wakili Asisten 1 Didik Wahyudi mengatakan Momentum kerapan kambing ini agendanya Dandim 0827/Sumenep dan kedepannya akan di selenggarakan 2 kali dalam setahun.

“Apresiasi dari pemerintah Daerah, adanya kerapan kambing ini sebagai bentuk pecinta kerapan kambing sebagai budaya tradisional daerah Kabupaten Sumenep dan dapat meningkatkan ekonomi bagi masyarakat di sekitar tempat perlombaan,” ujarnya.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. dalam sambutannya mengatakan Momen karapan kambing ini kami sangat bahagia karena bertepatan dengan hari jadi Pemda Kabupaten Sumenep yang ke 753.

“Adanya kerapan kambing ini diadakan karena banyak cerita dengan perjuangan pemilik kambing sehingga kami sebagai Forkopimda mewadahi dan saat ini sudah ada Paguyubannya” ungkap Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.

Kedepannya lanjut Dandim kerapan kambing ini menjadi obyek pariwisata khas daerah Sumenep seperti daerah lain. “Dan akan kami agendakan lomba karapan kambing ini dilaksanakan 2 kali setahun,” ungkap Dandim.

Hadir dalam kegiatan Bupati Kabupaten Sumenep di wakili Assisten Pemerintahan Didik Wahyudi, Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudia Mahardi. S.E., Kapolres Sumenep AKBP Edo Setya Kentriko S. I. K., Kadisbudparpora Moh. Ikhsan dan Ketua Paguyuban kerapan kambing Kabupaten Sumenep.

Sekitar pukul 09.45 WIB perlombaan dimulai dengan di starkan pertama oleh Dandim 0827/Sumenep bersama Forkopimda. (red)

KLIK DISINI: Update berita jurnalis-indonesia.com di Google News

Artikel ini telah dibaca 74 kali

Baca Lainnya

TNI dan Petani di Pamekasan Bersinergi Dukung Ketahanan Pangan di Desa

28 Juni 2024 - 18:17 WIB

Anggota TNI Bersama Warga Bantu Bongkar Rumah untuk Direnovasi

25 Juni 2024 - 12:02 WIB

Yuk Ikuti dan Saksikan Turnamen Kasti Dandim Cup 2024 di Depan Pantai Slopeng, Ini Tanggalnya

16 Juni 2024 - 07:42 WIB

Babinsa Desa Jalmak Bersama Warga Bersihkan Selokan

10 Juni 2024 - 08:52 WIB

Dandim 0826 Pamekasan Serahkan Pompa Air Kepada Kelompok Tani

6 Juni 2024 - 14:02 WIB

Koramil Masalembu Bersama BPRS Bersinergi, Lakukan Komsos dan Bantu Warga Panen Garam

31 Mei 2024 - 19:33 WIB

Trending di TNI