Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 15 Jun 2023 20:14 WIB

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Lantik Kades Terpilih Hasil PAW Desa Bakeong Guluk-guluk


 Bupati Sumenep Achmad Fauzi Lantik Kades Terpilih Hasil PAW Desa Bakeong Kecamatan Guluk-guluk. (foto/ist) Perbesar

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Lantik Kades Terpilih Hasil PAW Desa Bakeong Kecamatan Guluk-guluk. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Bupati Sumenep Achmad Fauzi melantik kepala desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW) Desa Bakeong, Kecamatan Guluk-guluk, di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, Kamis (15/6/2023).

Kepala Desa Bakeong terpilih hasil PAW adalah Mohammad Salehudin Farisi, untuk meneruskan kepala desa sebelumnya yang berakhir 30 Desember 2025 mendatang.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menekankan agar kepada desa harus fokus membangun dan mengembangkan desanya, dengan cara menggali segala potensi lokal sebagai sumber kekuatan ekonomi masyarakat, seperti wisata, UMKM, dan potensi alam lainnya.

Bupati muda Sumenep ini juga menekankan agar para kepala desa dalam menyusun strategi membangun dan memajukan desa, harus bisa menggali potensi desanya secara maksimal, sebagai pemicu perputaran ekonomi masyarakat.

“Kepala desa unggulan dalam menggali potensi desa sebagai sumber ekonomi, demi menyejahterakan masyarakat,” terang Bupati Fauzi di sela-sela pelantikan.

Bupati Fauzi lanjut menekankan kepala desa harus melakukan inovasi dalam memanfaatkan potensi desa, sehingga potensinya benar-benar menjadi akar dalam pembangunan ekonomi desa, yang berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi desa baik sumber daya alam dan manusia, harus menjadi sumber kekuatan dalam membangun ekonomi desa,” tambah Bupati Sumenep.

Bupati Fauzi juga berharap kepala desa membangun koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan lembaga lainnya, manakala ada program desa yang bisa diakses dan disinergikan bersama-sama.

“OPD terkait untuk memberikan pendampingan apabila ada kepala desa yang ingin menyusun program desa, sehingga bersama-sama membangun daerah melalui pembangunan desa,” harap Bupati Sumenep.

Bupati Fauzi mengharapkan juga, kepala desa harus menggali potensi lokal dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai wadah pengembangan ekonomi desa.

Karena dengan keberadaan BUMDes sejatinya merupakan penguatan terhadap ekonomi desa yang memanfaatkan ragam jenis potensi di setiap desa.

“Salah satu tujuan cita-cita BUMDes adalah meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat bagi kesejahteraan desa, serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa,” jelas Bupati Fauzi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Anwar Syahroni, yang juga mendampingi Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat pelantikan, mengimbau sekaligus mendorong ekonomi desa mempunyai kegiatan yang dilakukan secara mandiri.

Sehingga kepala desa harus mulai melakukan pengembangan potensi desa seperti wisata, UMKM dan lainnya.

“Kami terus mendorong desa mengembangkan potensi desa melalui pelatihan dan pendampingan, termasuk BUMDes dengan memprogramkan BUMDes berbasis kawasan, agar apabila ada desa yang memiliki potensi sama untuk bergerak bersama-sama,” terang Kadis Anwar karib disapa. (*ji/ily)

Artikel ini telah dibaca 65 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN