Menu

Mode Gelap

EKONOMI · 30 Apr 2023 17:00 WIB

Dandim Sumenep Ajak Masyarakat Tanam Jagung dan Edukasi Manfaatnya sebagai Program Ketahanan Pangan


 Dandim Sumenep Ajak Masyarakat Tanam Jagung dan Edukasi Manfaatnya sebagai Program Ketahanan Pangan Perbesar

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si. ingin mengembangkan budidaya tanam jagung menjadi program ketahanan pangan unggulan hasil pertanian di Sumenep. Ia melihat Kabupaten Sumenep memiliki potensi pertanian yang luar biasa.

“Saya harap agar kelompok tani bisa support program ketahanan pangan yaitu tanam jagung dikarenakan banyak manfaatnya bagi manusia atau hewan seperti sapi, kambing dan unggas,” kata Dandim Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi dalam diskusinya. Minggu (30/4/2023).

Hal itu ia sampaikan dalam kegiatan peninjauan peternakan sapi PSA Pelita Hati Foundation milik H. Helmi di Dusun Samondung Selatan, Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep bersama Forkopimda.

Yang dihadiri Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H.,M.H., Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E., M.Si., Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, S.I.K, S.H.,M.H., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sumenep, Kades Lenteng Timur serta masyarakat dari Kelompok Tani dari Kecamatan Lenteng, Rubaru dan Ganding.

Menurut Dandim, pihaknya juga ingin mengaktifkan para Babinsa untuk memberi motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan peternakan sapi.

“Kami TNI akan mengaktifkan Babinsa untuk memberikan Inovatif kepada masyarakat mengenai peternakan sapi,” ujarnya.

Dandim juga mengajak masyarakat dan petani mengedukasi manfaat dari hanpangan jagung.

Bahkan kata Letkol Donny, babinsa dan petani binaan yang ikut program jagung silase sebelumnya sudah merasakan manfaatnya.

“Dengan silase jagung ini mereka sejahtera, ini nanti akan kami kampanye ke mana-mana dan mereka bicara sendiri ke petani yang lain,” ucapnya.

Dalam diskusinya Dandim juga menyampaikan bahwa ada beberapa Babinsa dan petani yang menyewa lahan untuk program tanam jagung untuk silase.

“Artinya mereka sampai menyewa tanah lahan beberapa hektar karena sudah mereka rasakan manfaatnya keuntungannya,” imbuh Dandim Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H.,M.H. mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Sumenep melaksanakan program ketahanan pangan agar masyarakat tidak kesulitan dalam pangan.

“Program silase jagung ini sangat perlu dan penting yaitu tanam jagung, daun, buah dan tangkainya bisa untuk silase pakan ternak sapi,” jelas Bupati Fauzi.

Bupati Fauzi juga menyebut bahwa Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Peternakan Kabupaten Sumenep akan mendukung kegiatan masyarakat tentang ketahanan pangan seperti kendaraan angkut untuk tebon jagung dari sawah ke pabrik silase. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN