Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 23 Agu 2023 13:05 WIB

Dinkes P2KB Sumenep Gelar Orientasi PGBT bagi Tim Asuhan Gizi Puskesmas Berkolaborasi dengan UNICEF dan UNUSA


 Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadinkes P2KB) Kabupaten Sumenep Agus Mulyono (dua dari kiri) didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Ellya Fardasah pada kegiatan Orientasi PGBT Bagi Tim Asuhan Gizi Puskesmas yang Berkolaborasi dengan UNICEF dan UNUSA. (foto/ist for Jurnalis Indonesia) Perbesar

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadinkes P2KB) Kabupaten Sumenep Agus Mulyono (dua dari kiri) didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Ellya Fardasah pada kegiatan Orientasi PGBT Bagi Tim Asuhan Gizi Puskesmas yang Berkolaborasi dengan UNICEF dan UNUSA. (foto/ist for Jurnalis Indonesia)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Orientasi Pengelolaan Gizi Buruk Terintegrasi (PGBT) bagi Tim Asuhan Gizi Puskesmas setempat di salah satu hotel Kota Keris, Rabu (23/8/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan wujud komitmen dari Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep melalui Bidang Kesehatan Masyarakat dalam rangka penyediaan layanan kesehatan untuk Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) rujukan tingkat daerah kabupaten/kota tahun anggaran 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep Ellya Fardasah saat memberikan pemaparan (kiri). (foto/ist for Jurnalis Indonesia)

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep Agus Mulyono mengungkapkan, dalam kegiatan Orientasi PGBT ini pihaknya bahkan berkolaborasi dengan UNICEF dan UNUSA yang didatangkan sebagai narasumber.

Adalah sebagai narasumber dr. Karina Widowati, MPH, selaku Nutrition Officer UNICEF. Lalu Paramita Viantry, S.Gz, RD., M.Biomed dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).

Selain itu juga mendatangkan narasumber dari PKMK-Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yaitu Lutfiatul Chamidah, S.Gz.

“Sebagai peserta dalam kegiatan Orientasi PGBT kali ini dari sebanyak 13 Puskesmas di Sumenep yakni Puskesmas Arjasa, Kangayan, Masalembu, Sapeken, Nonggunong, Raas, Pamolokan, Pandian, Pasongsongan, Dasuk, Batuan, Moncek dan Talango. Dengan sasaran melibatkan Dokter Umum, Nutrisionis dan Bidan/Perawat,” terang Kadinkes P2KB Sumenep Agus Mulyono kepada Jurnalis Indonesia, (23/8).

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep Ellya Fardasah menambahkan, target dan harapan dari kegiatan Orientasi PGBT itu terbentuknya Tim Asuhan Gizi yang kompeten dan berkesinambungan dalam usaha penanganan gizi buruk di Puskesmas ujung timur pulau Garam Madura.

“Sehingga peserta dapat memahami kebijakan pencegahan dan tatalaksana gizi buruk pada balita,” terang Ellya Fardasah kepada Jurnalis Indonesia, (23/8).

Kabid Ellya akrab disapa mengatakan, melalui kegiatan Orientasi PGBT tersebut juga dapat melakukan penemuan dini dan konfirmasi kasus gizi buruk pada balita.

“Termasuk dapat melakukan pengelolaan terintegrasi upaya penanggulangan gizi buruk pada balita di Kabupaten Sumenep,” papar Ellya. (ilyas)

Artikel ini telah dibaca 127 kali

Baca Lainnya

Terus Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr. H. Moh. Moh. Anwar Sumenep Kini Miliki 3 Dokter Spesialis Mata

12 Juli 2024 - 07:17 WIB

Pemkab Sumenep Dipimpin Bupati Fauzi Berhasil Turunkan Stunting hingga Raih Penghargaan BKKBN RI

26 Juni 2024 - 22:36 WIB

Lengkap dan Terbaik, Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Layani 260 Pasien per Hari

26 Juni 2024 - 15:09 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Satu-satunya Rumah Sakit di Madura yang Memiliki Poli Onkologi

26 Juni 2024 - 13:48 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Tingkatkan Layanan Terbaik, Kini Hadirkan Alat Deteksi Kanker Payudara

24 Juni 2024 - 13:05 WIB

Pelayanan Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tetap Buka di Hari Cuti Bersama Idul Adha 2024

16 Juni 2024 - 10:16 WIB

Trending di KESEHATAN