Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 16 Mei 2023 15:25 WIB

Inovatif, Pemkab Sumenep Segera Terapkan Aplikasi Srikandi, Ini Kegunaannya


 SOSIALISASI. Inovatif, Pemkab Sumenep Segera Luncurkan Aplikasi Srikandi, Ini Kegunaannya. (foto/ist) Perbesar

SOSIALISASI. Inovatif, Pemkab Sumenep Segera Luncurkan Aplikasi Srikandi, Ini Kegunaannya. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Madura, Jawa Timur, dibawah Bupati Achmad Fauzi yang memiliki tagline ‘Bismillah Melayani’ terus melakukan terobosan-terobosan inovatif, Selasa (16/5/2023).

Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai langkah mewujudkan keseragaman dan keterpaduan pengelolaan kearsipan dinamis berbasis elektronik segera menerapkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yang disingkat ‘Srikandi’ di lingkungan perangkat daerah setempat.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep tengah melakukan sosialisasi dalam rangka penerapan program aplikasi Srikandi tersebut, Selasa (16/5) di kantor bupati setempat.

SOSIALISASI. Inovatif, Pemkab Sumenep Segera Luncurkan Aplikasi Srikandi, Ini Kegunaannya. (foto/ist)

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edi Rasiyadi memaparkan, penerapan aplikasi Srikandi itu upaya ikhtiar pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi untuk penguatan digitalisasi di era digital saat ini.

Salah satu kegunaan aplikasi Srikandi itu, dalam urusan surat menyurat secara online atau surat elektronik bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep. Aplikasi Srikandi tentu saja mempercepat proses pengurusan surat dan pengambilan kebijakan, serta memudahkan dalam penandatanganan surat keluar maupun surat masuk yang memerlukan disposisi dari pimpinan.

Sehingga menurut Sekdakab Edy Rasiyadi penerapan program aplikasi Srikandi dalam urusan surat menyurat secara online atau surat elektronik sebagai langkah mewujudkan keseragaman dan keterpaduan pengelolaan kearsipan dinamis berbasis elektronik pada perangkat daerah lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Dengan aplikasi Srikandi dokumen dalam bentuk digital, dampaknya tidak membutuhkan tempat dan ruang penyimpanan arsip yang besar, karena file-nya sudah tersimpan pada server nasional,” papar Sekdakab Edy Rasiyadi.

Sekda Edy mengajak agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten Sumenep, untuk bersama-sama mensukseskan penerapan aplikasi Srikandi di setiap perangkat daerah. Melalui peningkatan SDM untuk menguasai tekhnologi.

“Para ASN sejalan dengan cepatnya perkembangan teknologi informasi tidak boleh gagap teknologi, namun harus mampu menggunakannya di setiap aktivitas penyelenggaraan pemerintahan pada instansi masing-masing,” ajaknya.

Sekda Edy mengungkapkan, jika penerapan aplikasi Srikandi juga sejalan dengan program yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan pengembangannya dilakukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi.

“Kami mengharapkan instansi terkait untuk menyediakan ketersediaan sarana dan prasarana, seperti jaringan internet demi kelancaran aktivitas surat menyurat elektronik berjalan dengan baik,” harap Sekdakab Sumenep Edy Rasiyadi.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya di sela-sela sosialisasi menambahkan, aplikasi Srikandi itu dalam rangka pelayanan administrasi pemerintahan di bidang kearsipan dinamis, berkualitas dan terpecaya, sehingga di era teknologi saat ini bisa bekerja di mana saja.

Ferdiansyah, yang saat ini juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep menargetkan, penerapan aplikasi Srikandi menjangkau pada lingkungan Pemerintah Desa di ujung timur pulau Garam Madura.

“Kami rencanakan penerapan aplikasi ini tidak hanya di perangkat daerah seperti OPD dan Kecamatan saja, melainkan juga hingga ke tingkat Pemerintahan Desa, yang merupakan salah satu program Bupati untuk penguatan digitalisasi 2023,” papar Ferdiansyah. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 58 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN