Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 9 Apr 2023 21:47 WIB

Kepala KSOP Kalianget Berkirim Surat untuk Penambahan Kapal Mudik Lebaran di Sumenep


 Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Taufikurrahman. (foto/ist) Perbesar

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Taufikurrahman. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget mengaku telah berkirim surat untuk meminta tambahan armada kapal negara dalam rangka arus mudik lebaran tahun 2023 ini di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala KSOP Kalianget Taufikurrahman mengungkapkan, pihaknya untuk permintaan penambahan kapal di Sumenep telah berkirim surat kepada tiga lembaga terkait sekaligus. Yakni, pada Direktorat Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Perak dan PT. Pelni (Persero).

Taufikurrahman menerangkan jika surat permintaan tambahan kapal negara itu telah dikirimkannya beberapa waktu lalu dan sudah mendapatkan respon baik.

“Alhamdulillah, mendapat respon baik. Kamis kemarin, kami melakukan rapat secara virtual dengan tiga lembaga tersebut membahas permintaan kami,” terang Kepala KSOP Kalianget dilansir, Minggu (9/4/2023).

Kepala KSOP Kalianget Taufikurrahman membeberkan, alasan permintaan untuk penambahan kapal negara untuk arus Mudik Lebaran tahun ini di Sumenep dikarenakan mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang dari Pelabuhan Kalianget tujuan kepulauan di Sumenep dan sebaliknya diprediksi bakal signifikan mengalami peningkatan.

“Tahun ini kan sudah tidak ada pandemi (Covid-19), PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dicabut. Jadi untuk naik kapal tanpa syarat seperti tahun-tahun sebelumnya. Makanya, penumpang pasti banyak,” jelas Taufikurrahman.

Menurutnya, secara nasional, prediksi kenaikan jumlah penumpang kapal tahun ini sebesar 16,5%. Kenaikan itu dipicu oleh beberapa faktor, seperti tidak berlakunya syarat-syarat naik kapal pada zaman Covid.

“Termasuk di Sumenep, jumlah penumpang kapal pasti naik,” ulas Taufikurrahman.

Saat ini, untuk kepastian permintaan tambahan armada kapal negara untuk arus Mudik Lebaran tahun ini apakah disetujui atau tidak, pihaknya masih menunggu rapat lanjutan bersama Direktorat Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Perak dan PT. Pelni (Persero).

“Besok, kami akan rapat lagi,” pungkas Kepala KSOP Kalianget Taufikurrahman. Seraya berharap permintaan penambahan armada kapal untuk arus Mudik Lebaran tahun ini tersebut dapat dipertimbangkan dan disetujui demi kepentingan masyarakat di ujung timur pulau Madura. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 201 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN