Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 5 Agu 2023 11:39 WIB

Kunjungan Pasien Meningkat, Masyarakat Benar-benar Menikmati Layanan UHC RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep


 Masyarakat berjalan di halaman RSUD Dr. H. Moh. Anwar, satu-satunya rumah sakit pelat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumenep. (foto/ist Jurnalis Indonesia) Perbesar

Masyarakat berjalan di halaman RSUD Dr. H. Moh. Anwar, satu-satunya rumah sakit pelat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumenep. (foto/ist Jurnalis Indonesia)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Kunjungan pasien di RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep semenjak diberlakukan layanan Universal Health Coverage (UHC), berobat gratis tanpa biaya hanya memakai KTP atau KK diakui mengalami peningkatan yang signifikan hingga kini, Sabtu (5/8/2023).

Pemerintah Kabupaten Sumenep dibawah kepemimpinan Bupati H. Achmad Fauzi Wongsojudo telah memberlakukan program UHC terhitung 07 November 2022, sebagai salah satu sistem penjaminan kesehatan, untuk memastikan semua penduduk masyarakat di ujung timur pulau Garam Madura mendapatkan layanan kesehatan dengan baik.

Direktur RSUD Dr. H. Moh Anwar Sumenep, dr. Erliyati, M.Kes. (foto/ist)

Alhasil, ternyata program layanan UHC yang diberlakukan oleh Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo benar-benar dijalankan dengan baik di RSUD Dr. H. Moh. Anwar yang dipimpin direktur dr. Erliyati. Sehingga layanan berobat gratis untuk masyarakat Sumenep itu betul-betul dirasakan manfaatnya.

Bahkan masyarakat yang berobat ke RSUD Dr. H. Moh. Anwar mengaku sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh satu-satunya rumah sakit pelat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Direktur RSUD Dr. H. Moh. Anwar, dr. Erliyati, melalui Kasi Humas Arman Endika Putra mengaku, kunjungan pasien yang menggunakan program UHC di rumah sakit pelat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumenep benar-benar meningkat signifikan dan luar biasa.

Kasi Humas RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep Arman Endika Putra. (foto/ist)

Dengan demikian, menjadi bukti nyata jika manfaat dari progam layanan UHC, berobat gratis yang diberikan oleh Bupati H. Achmad Fauzi Wongsojudo ini benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Sumenep.

”Yang jelas kunjungan pasien meningkat. Tujuan bapak Bupati Sumenep memberlakukan program UHC ini untuk membuka akses. Di mana syaratnya dipermudah dan dipersimple. Hanya KTP dan KK itu,” terangnya dilansir Jurnalis Indonesia, (5/8).

Pihaknya mengaku, kunjungan pasien ke RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep sebelum adanya program UHC dan setelah berlakunya program UHC ini ada perbedaan yang sangat signifikan.

”Jadi meski dibandingkan dengan sebelum pandemi, ada perbedaan kunjungan antara 300 sampai 400 pasien perhari untuk rawat jalan,” paparnya.

Untuk rawat inap juga dipaparkan, di RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep yang sebelumnya dikisaran 300 pasien perbulan namun sejak keberadaan layanan program UHC ini mencapai 700 atau bisa sampai 1000 pasien perbulan.

”Dan kami juga (di RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep) ada pelayanan lanjutan. Di mana pelayanan ini diharapkan akan membuat kunjungan pasien ke rumah sakit terus meningkat,” jelasnya. (*ji/ily)

Artikel ini telah dibaca 65 kali

Baca Lainnya

Terus Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr. H. Moh. Moh. Anwar Sumenep Kini Miliki 3 Dokter Spesialis Mata

12 Juli 2024 - 07:17 WIB

Pemkab Sumenep Dipimpin Bupati Fauzi Berhasil Turunkan Stunting hingga Raih Penghargaan BKKBN RI

26 Juni 2024 - 22:36 WIB

Lengkap dan Terbaik, Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Layani 260 Pasien per Hari

26 Juni 2024 - 15:09 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Satu-satunya Rumah Sakit di Madura yang Memiliki Poli Onkologi

26 Juni 2024 - 13:48 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Tingkatkan Layanan Terbaik, Kini Hadirkan Alat Deteksi Kanker Payudara

24 Juni 2024 - 13:05 WIB

Pelayanan Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tetap Buka di Hari Cuti Bersama Idul Adha 2024

16 Juni 2024 - 10:16 WIB

Trending di KESEHATAN