Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 11 Jun 2023 21:52 WIB

Pemkab Sumenep Gandeng PLN Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai


 Pemkab Sumenep Gandeng PLN Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. (foto/ist) Perbesar

Pemkab Sumenep Gandeng PLN Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep bersama PT. PLN (Persero) menggelar konvoi dengan menggunakan kendaraan listrik baik sepeda listrik, motor listrik dan mobil listrik bersama masyarakat.

Konvoi kendaraan listrik merupakan bagian kegiatan Funday is a Day Minggu (11/06/2023), dengan menempuh jarak 10 kilometer, mulai dari Taman Adipura dan mengelilingi sejumlah kawasan Kota Sumenep diikuti ratusan peserta.

Pemkab Sumenep Gandeng PLN Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. (foto/ist)

Pada momentum ini juga, Pemerintah Kabupaten Sumenep dibawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi dengan menggandeng PT. PLN (Persero) bagian dari mengkampanyekan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“Kami mengadakan kegiatan ini, untuk semakin memperkenalkan kepada masyarakat, sehingga merasakan langsung Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),” terang Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Menurut Bupati Fauzi, pihaknya dengan konvoi kendaraan listrik dalam rangka mengampanyekan, bahwa selain meningkatkan efisiensi dan konservasi energi dari BBM menjadi listrik, juga menjaga lingkungan, karena tidak menghasilkan polusi udara.

“Masyarakat menggunakan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), untuk menjaga kualitas udara yang bersih di lingkungannya,” ungkap Bupati Fauzi.

Bupati muda Sumenep ini lanjut mengungkapkan, pemerintah daerah dalam upaya mendorong masyarakat beralih menggunakan kendaraan berbasis baterai sudah dilakukan sejak 2021 dan saat ini pengguna kendaraan itu terus meningkat di daerah.

“Awalnya yang menggunakan kendaraan motor listrik sekitar lima orang, namun dengan berbagai upaya penjualannya terus meningkat, sehingga targetnya 2024 mencapai 20 persen dari jumlah kendaraan di Kabupaten Sumenep,” jelas Bupati Fauzi.

Pada momentum ini juga, Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama PLN, selain menggelar konvoi dengan kendaraan listrik, juga melakukan penanaman 500 bibit pohon serta melepas 300 ekor burung, sebagai simbol komitmen menjaga dan melestarikan lingkungan.

Direktur Distribusi PT. PLN (Persero) Adi Priyanto mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk mengajak masyarakat menggunakan kendaraan listrik melalui kegiatan konvoi ini.

“Masyarakat sangat antusias untuk merasakan langsung manfaat dari kendaraan listrik berbasis baterai, bahkan pesertanya ada remaja atau anak muda yang sadar dan peduli kepada lingkungan,” ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat menggunakan kendaraan listrik baik sepeda, motor dan mobil banyak manfaatnya, salah satunya hemat energi dan yang paling penting bisa menjaga lingkungan bersih.

“Apalagi pengisian daya baterai kendaraan itu sangat mudah, karena bisa dilakukan di rumah oleh pemiliknya, sehingga mengurangi penggunaan BBM,” terang Adi Priyanto. (*ji/ily)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN