Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 21 Mar 2023 23:53 WIB

Pemkab Sumenep Sosialisasi Kegiatan DAK Bidang Sanitasi 2023


 Pemkab Sumenep Sosialisasi Kegiatan DAK Bidang Sanitasi 2023 Perbesar

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang setempat melakukan Sosialisasi Tingkat Kabupaten Kegiatan DAK Bidang Sanitasi Tahun Angaran 2023, Selasa (21/3/2023) yang digelar di Taman Wisata Boekit Tawaf.

Sosialisasi ini dihadiri langsung langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Menurut Bupati Fauzi, Pemerintah Kabupaten Sumenep terus melakukan upaya menciptakan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat, buktinya pada tahun ini, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) mendapatkan bantuan program bidang sanitasi untuk 16 desa yang tersebar di 11 kecamatan.

Kegiatan bantuan DAK 2023 berupa pembangunan jamban dan tangki septik individual, pengadaan truk penyedot lumpur tinja dan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi, menggunakan, dan daur ulang) (TPS3R).

“Penyediaan sanitasi yang baik tentu saja memberi dampak peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, serta berefek positif pada peningkatan produktivitas masyarakat,” terang Bupati Fauzi.

Bupati Sumenep mengungkapkan, pembangunan sanitasi diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, bahkan keberadaan lingkungan yang bersih dan sehat berdampak kepada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Karena itulah, bantuan DAK bidang sanitasi agar digunakan secara tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, dan tepat mutu, supaya memberikan akses sanitasi yang layak dengan memperhatikan kualitas serta sesuai aturan,” jelas Bupati Fauzi.

Bupati Fauzi juga mengharapkan pihak terkait bersama masyarakat perlu melakukan monitoring dan evaluasi secara terus menerus, agar hasil yang dicapai bisa terwujud sesuai harapan kegiatan dana bidang sanitasi ini.

“Monitoring dan evaluasi yang sulit, namun tetap harus dilakukan bersama-sama supaya programnya bermanfaat dalam rangka membangun kesadaran, untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” harap Bupati Sumenep.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep Erik Susanto memaparkan, untuk rencana kegiatan fisiknya adalah berupa pembangunan jamban dan tangki septik indvidual sebanyak 550 unit, pengadaan truk tinja 1 unit dan pembangunan TPS3R sebanyak 5 unit.

“Total kebutuhan dana fisik serta biaya penunjang sebesar sembilan Miliar Tujuh Ratus Tujuh Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah,” terang Erik. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

BEN Carnival 2024 di Kota Blitar Tampilkan Seni Budaya Nusantara dan 4 Benua

14 Juli 2024 - 15:25 WIB

Pertama di Madura, Pemkab Sumenep Gelar Kontes Ayam Hias Shamo Piala Bupati

11 Juli 2024 - 20:51 WIB

Pemkab Sumenep Gelar Event Kicau Burung Mania Piala Bupati 2024

11 Juli 2024 - 20:46 WIB

Pemkab Sumenep Melalui Bagian Kesra Bakal Gelar Gebyar Muharrom 2024 dengan Bersholawat, Ini Tempat dan Tanggalnya

10 Juli 2024 - 13:18 WIB

Bapenda Sumenep Kembali Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT di Kecamatan Kalianget

10 Juli 2024 - 12:09 WIB

Bapenda Sumenep Gelar Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT Serentak di Kecamatan

9 Juli 2024 - 18:48 WIB

Trending di PEMERINTAHAN