Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 4 Mei 2023 16:22 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Bakal Bangun Bank Darah, Wujud Percepat Pelayanan Pasien


 TAMPILAN DEPAN. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar milik Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang saat ini dibawah direktur perempuan dr. Erliyati, M.Kes. (foto/ist jurnalis indonesia) Perbesar

TAMPILAN DEPAN. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar milik Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang saat ini dibawah direktur perempuan dr. Erliyati, M.Kes. (foto/ist jurnalis indonesia)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar milik Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dibawah direktur perempuan dr. Erliyati, M.Kes terus menunjukkan komitmennya memberikan pelayanan terbaik kepada pasien bagi masyarakat di Kota Keris.

Sebagai wujud mempercepat pelayanan kepada masyarakat di rumah sakit pelat merah kebanggaan Kabupaten Sumenep ini salah satunya, bakal segera membangun fasilitas Bank Darah di RSUD dr. H. Moh. Anwar.

Direktur dr. Erliyati, M.Kes melalui Kasi Humas RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Arman Endika Putra mengungkapkan, keberadaan pembangunan Bank Darah bertujuan agar pelayanan lebih mudah, efektif dan efisien bagi masyarakat dalam mengakses kebutuhan darah saat melahirkan maupun kecelakaan.

Sebab Bank Darah merupakan unit pelayanan yang bertanggung jawab atas ketersediaan darah untuk transfusi yang aman, berkualitas dan dalam jumlah cukup.

Sehingga keberadaan fasilitas pembangunan Bank Darah di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep sangat penting untuk mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit pelat merah ini maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

“Jadi, kami akan bangun fasilitas Bank Darah untuk membantu mempercepat pelayanan di RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep,” terang Arman, Kamis (4/5/2023).

Karena itu, RSUD dr. H. Moh. Anwar milik kebanggaan masyarakat Sumenep ini dalam waktu dekat bakal segera membangun fasilitas Bank Darah dalam rangka untuk memudahkan pemenuhan darah yang dibutuhkan oleh pasien.

Di awal, untuk Bank Darah di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep bakal bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam penyediaan stok darah. Kendati pada tahap awal masih bekerjasama dengan PMI, namun keluarga pasien itu tidak perlu repot-repot mengaksesnya sendiri. “Masyarakat yang membutuhkan darah tidak perlu repot lagi mengaksesnya secara langsung ke PMI atau ke fasilitas yang lain, kami yang mengakseskan ke PMI,” jelas Arman.

Selama ini diakui, dengan tidak adanya fasilitas pembangunan Bank Darah di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, untuk pemenuhan kebutuhan darah itu tidak efisien karena keluarga pasien masih harus direpotkan mengakses secara mandiri ke PMI. “Apalagi saat ada pasien yang membutuhkan penanganan cepat,” lanjut Arman.

Oleh karena itu, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep bakal segera membangun fasilitas Bank Darah untuk menunjang mempercepat pelayanan kebutuhan pasien bagi masyarakat di ujung timur pulau Garam Madura.

“Jadi, dengan adanya fasilitas Bank Darah di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep ini, kami berusaha agar darah itu ready. Paling tidak kalau kita fasilitasi seperti itu kasus-kasus yang berkaitan dengan kebutuhan darah bisa lebih cepat tertangani,” papar Arman. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya

Terus Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr. H. Moh. Moh. Anwar Sumenep Kini Miliki 3 Dokter Spesialis Mata

12 Juli 2024 - 07:17 WIB

Pemkab Sumenep Dipimpin Bupati Fauzi Berhasil Turunkan Stunting hingga Raih Penghargaan BKKBN RI

26 Juni 2024 - 22:36 WIB

Lengkap dan Terbaik, Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Layani 260 Pasien per Hari

26 Juni 2024 - 15:09 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Satu-satunya Rumah Sakit di Madura yang Memiliki Poli Onkologi

26 Juni 2024 - 13:48 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Tingkatkan Layanan Terbaik, Kini Hadirkan Alat Deteksi Kanker Payudara

24 Juni 2024 - 13:05 WIB

Pelayanan Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tetap Buka di Hari Cuti Bersama Idul Adha 2024

16 Juni 2024 - 10:16 WIB

Trending di KESEHATAN