Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 24 Jun 2024 13:05 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Tingkatkan Layanan Terbaik, Kini Hadirkan Alat Deteksi Kanker Payudara


 Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad, menunjukan alat mammogram untuk deteksi kanker payudara. (foto/ist) Perbesar

Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad, menunjukan alat mammogram untuk deteksi kanker payudara. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar yang merupakan satu-satunya rumah sakit pelat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus meningkatkan layanan terbaiknya untuk melayani masyarakat.

Kini, Rumah Sakit Umum Daerah kebanggaan Kabupaten Sumenep yang dipimpin Direktur dr. Erliyati, M.Kes, menghadirkan alat mammogram untuk deteksi kanker payudara.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, M.Kes. (foto/ist)

Hadirnya alat mammogram untuk deteksi kanker payudara di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep yang memiliki tageline ‘kami ada untuk anda ‘menjadi kabar baik bagi masyarakat di ujung timur pulau Garam Madura dan sekitarnya.

Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad, menerangkan, alat mammografi atau mammogram adalah tes untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X.

“Jadi, pemeriksaan medis melalui alat mammografi digunakan untuk memeriksa atau mendeteksi lebih lanjut apakah pada payudara pasien terjadi kelainan atau tidak,” terang dokter Aziz dilansir Jurnalis Indonesia, Senin (24/6/2024).

Menurut dokter Aziz yang merupakan spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep mengungkapkan, dengan pemeriksaan melalui mammografi, bisa langsung diketahui apakah pada payudara pasien ada tumor, kanker, kista, penumpukkan kalsium, atau kelainan lainnya pada jaringan payudara.

“Apalagi ditunjang, ditambah pemeriksaan dengan alat lain seperti USG yang dimiliki RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep maka diagnosis akan semakin akurat,” ungkap dokter Azis.

Kepada masyarakat apabila merasakan ada kelainan pada payudaranya, dokter Azis mengimbau agar segera dibawa ke RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep untuk diperiksa.

Apalagi saat ini setiap pasien yang berobat ke RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep tidak memerlukan biaya alias gratis.

Sebab Pemerintah Kabupaten Sumenep dibawah kepemimpinan Bismillah Melayani Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo telah memberlakukan program Universal Health Converage (UHC) terhitung 07 November 2022, sebagai salah satu sistem penjaminan kesehatan, untuk memastikan semua masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dengan baik.

“Makin dini pemeriksaan maka makin mudah pengobatan, juga angka kesuksesan terapi akan makin besar. Sebaliknya bila telat, maka penyakit akan sulit disembuhkan,” papar dokter Azis seraya kembali mengajak kepada masyarakat ketika ada kelainan pada payudaranya supaya langsung dibawa ke RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Sementara itu, Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh. Anwar Erfin Sukayati, M.Kes, berharap ke depan rumah sakit pelat merah kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sumenep dibawah kepemimpinan dr. Erliyati, M.Kes, dapat terus meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan inovasi dan layanan-layanan terbaru dan terbaik untuk masyarakat.

“Doakan rumah sakit ini (RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep) terus dapat menghadirkan yang terbaik untuk masyarakat. Tentunya dalam hal ini dukungan, kritik dan saran dari masyarakat sangat membantu dalam proses menjadikan rumah sakit ini menjadi yang terbaik di Sumenep,” terang Erfin Sukayati.

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Terus Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr. H. Moh. Moh. Anwar Sumenep Kini Miliki 3 Dokter Spesialis Mata

12 Juli 2024 - 07:17 WIB

Pemkab Sumenep Dipimpin Bupati Fauzi Berhasil Turunkan Stunting hingga Raih Penghargaan BKKBN RI

26 Juni 2024 - 22:36 WIB

Lengkap dan Terbaik, Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Layani 260 Pasien per Hari

26 Juni 2024 - 15:09 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Satu-satunya Rumah Sakit di Madura yang Memiliki Poli Onkologi

26 Juni 2024 - 13:48 WIB

Pelayanan Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tetap Buka di Hari Cuti Bersama Idul Adha 2024

16 Juni 2024 - 10:16 WIB

Berkualitas, Poli Paru RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Ditangani 2 Dokter Spesialis Berpengalaman

12 Juni 2024 - 12:45 WIB

Trending di KESEHATAN