Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 15 Mar 2023 21:17 WIB

Dispendukcapil Sumenep Percepat Penerapan IKD, Sasar Mahasiswa Unija


 Dispendukcapil Sumenep Percepat Penerapan IKD, Sasar Mahasiswa Unija Perbesar

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Percepatan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Sumenep memasuki tahap ketiga dengan target pelajar dan mahasiswa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep Ach. Syachwan Effendy ketika turun langsung dalam kegiatan aktivasi aplikasi IKD di Kampus Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Rabu (15/03/2023).

“Percepatan penerapan IKD di Sumenep saat ini sudah memasuki tahap ketiga, di tahap ketiga ini diawali di Kampus Unija Sumenep,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa IKD merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital, melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

“IKD merupakan transformasi dokumen identitas kependudukan dari bentuk fisik menjadi digital baik KTP-el, kartu keluarga maupun dokumen kependudukan lainnya,” terang Syachwan.

Percepatan penerapan IKD di Kabupaten Sumenep, dijelaskan Syachwan, dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama penerapan IKD ditujukan kepada pegawai Dispendukcapil beserta keluarganya. Tahap kedua menyasar ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumenep serta TNI dan Polri. Pelajar maupun mahasiswa menjadi target penerapan IKD tahap ketiga. Tahap terakhir atau keempat, yaitu masyarakat umum lainnya.

“Target kami adalah 25 persen dari total perekaman KTP elektronik dapat menggunakan IKD pada tahun ini, maka kami lakukan jemput bola kepada ASN, TNI, Polri, pelajar dan mahasiswa dengan turun ke lokasi,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa penerapan IKD dapat membuat pelayanan adminduk menjadi semakin mudah, cepat, efektif dan efisien.

Adapun persyaratan aktivasi IKD yaitu pemohon mempunyai smartphone dan sudah pernah punya KTP elektronik atau pernah melakukan perekaman biometric. Selain itu nomor HP pemohon juga memiliki paket data internet atau HP terhubung dengan internet.

“Selain jemput bola, masyarakat juga dapat melakukan aktivasi IKD dengan mendatangi Mall Pelayanan Publik,” pungkas Syachwan. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN