Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 16 Mar 2023 16:51 WIB

RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tambah Peralatan Cuci Darah ‘Hemodialisa’ Optimalisasi Pelayanan Terbaik


 Direktur RSUD Dr. H. Moh. Awar Kabupaten Sumenep, dr. Erliyati, M.Kes. (foto/dok. jurnalis indonesia) Perbesar

Direktur RSUD Dr. H. Moh. Awar Kabupaten Sumenep, dr. Erliyati, M.Kes. (foto/dok. jurnalis indonesia)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – RSUD Dr. H. Moh. Awar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang saat ini dibawah kepemimpinan direktur perempuan dr. Erliyati, M.Kes, terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Saat ini, satu satunya rumah sakit milik pemerintah daerah kabupaten Sumenep dibawah Direktur Erliyati sebagai wujud komitmen mengoptimalkan pelayanan terbaik kepada masyarakat di ujung timur pulau Garam Madura, menambah peralatan cuci darah atau hemodialisa.

BACA JUGA: RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tambah Dokter Jantung Baru serta Pelayanan Poli Jantung Selama 6 Hari

Direktur RSUD Dr. H. Moh. Awar Sumenep Erliyati mengungkapkan, bahwa yang sebelumnya memiliki 8 hingga 9 unit set mesin cuci darah atau hemodialisa. Namun kini sudah dilakukan regenerasi.

“Sebelumnya kan cuma berjumlah 9 unit, tapi saat ini sudah ada 17 unit,” terangnya melalui Kepala Seksi Informasi RSUD Dr. Moh. Anwar Sumenep Arman Endika Putra, (16/3).

BACA JUGA: RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep Realisasikan dengan Baik Layanan UHC Bupati Fauzi

Ia mengungkapkan, untuk kehadiran layanan cuci darah atau hemodialisa di RSUD Dr. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep kala itu, termasuk yang pertama untuk rumah sakit di Madura.

Arman menuturkan, untuk dokter penanggungjawab yang menangani pasien cuci darah atau hemodialisa adalah dokter spesialis penyakit dalam. Untuk di RSUD Dr. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep itu ditangani oleh dokter Mujib.

“Beliau (dokter Mujib-red) adalah spesialis penyakit dalam yang mendapatkan pengetahuan sub spesialis hemodialisa,” jelas Arman.

BACA JUGA: Dinkes Supervisi di RSUDMA Sumenep, RS Pelat Merah Dibawah Direktur Erliyati Tatalaksananya Sudah Baik

Kemudian ada juga dokter umum yang diberi pemahaman tentang cuci darah hemodialisa, termasuk para perawat di HD yang diberikan pelatihan khusus.

“Walaupun ada dokter umum dan perawat di HD, mereka sudah dilatih secara khusus, diberi pemahaman tentang penatalaksanaan hemodialisa. Konsultan kami adalah RSUD dr. Soetomo Surabaya,” terang Arman.

BACA JUGA: RSUD dr H Moh Anwar Sumenep Bakal Buka ‘Poli Nyeri’, Upaya Respon Kebutuhan Pelayanan Masyarakat

Secara teknis, diterangkan Arman, cuci darah disarankan kepada orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal. “Penyakit gagal ginjal disebabkan oleh banyak faktor mulai dari kebiasaan mengkonsumsi junk food atau fast food, termasuk pula mengkonsumsi soft drink,” paparnya.

Orang yang terserang mengalami gangguan untuk penyakit ini tidak memandang usia. Menurutnya, kendati usia masih relatif muda, sudah banyak yang mengalami gagal ginjal. Salah satu, pengaruhnya itu dari pola makanan.

“Pola makanan itu berpengaruh terhadap kerja organ dalam, contoh makanan anak-anak kan cenderung asin, ragam minuman soft drink cenderung manis, paling tidak berpengaruh terhadap kerja ginjal maupun pankreas kita,” ulas Kepala Seksi Informasi RSUD Dr. Moh. Anwar Sumenep.

Menurutnya, berdasarkan pengalamannya, rumah sakit milik daerah itu sudah banyak melayani pasien cuci darah. Kepala Seksi Informasi RSUD Dr. Moh. Anwar Sumenep lalu mengimbau agar masyarakat dapat menjaga pola hidup sehat, makanan yang dikonsumsi tubuh harus seimbang dengan pola aktivitas.

“Jadi, jangan berlebihan, semoga kita dapat hidup sehat produktif,” ujar Kepala Seksi Informasi RSUD Dr. Moh. Anwar Sumenep Arman Endika. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 130 kali

Baca Lainnya

Terus Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr. H. Moh. Moh. Anwar Sumenep Kini Miliki 3 Dokter Spesialis Mata

12 Juli 2024 - 07:17 WIB

Pemkab Sumenep Dipimpin Bupati Fauzi Berhasil Turunkan Stunting hingga Raih Penghargaan BKKBN RI

26 Juni 2024 - 22:36 WIB

Lengkap dan Terbaik, Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Layani 260 Pasien per Hari

26 Juni 2024 - 15:09 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Satu-satunya Rumah Sakit di Madura yang Memiliki Poli Onkologi

26 Juni 2024 - 13:48 WIB

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Tingkatkan Layanan Terbaik, Kini Hadirkan Alat Deteksi Kanker Payudara

24 Juni 2024 - 13:05 WIB

Pelayanan Poli Terpadu RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tetap Buka di Hari Cuti Bersama Idul Adha 2024

16 Juni 2024 - 10:16 WIB

Trending di KESEHATAN