Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 15 Nov 2022 15:56 WIB

Satpol PP Sumenep Sukses Gempur Rokok Ilegal Melalui Pertunjukan Topeng Dalang


 Satpol PP Sumenep Sukses Gempur Rokok Ilegal Melalui Pertunjukan Topeng Dalang Perbesar

SUMENEP, JURNALIS-INDONESIA.com – Satpol-PP Sumenep, Jawa Timur, dalam rangka gempur rokok ilegal di ujung timur pulau Madura, sebagai media sosialisasi dengan menggelar pertunjukan topeng dalang, Senin (14/11/2022) malam di di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS) Jalan Gotong Royong, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota.

Sosialisasi gempur rokok ilegal ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dengan dihadiri dari Bea Cukai Madura.

Kepala Satpol PP Kabupaten Sumenep, Achmad Laili Maulidy menyampaikan jika pagelaran topeng dalang sengaja digelar sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, untuk menekan peredaran rokok Ilegal, di kabupaten ujung timur pulau Madura, Jawa Timur.

“Pemilihan topeng dalang sangat tepat dalam sosialisasi menggempur rokok ilegal. Kita hidupkan kesenian yang di dalamnya diselipkan edukasi rokok ilegal,” ujar Laily saat membacakan sambutan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Menurutnya, tujuan dari sosialisasi lewat Tari Topeng Dalang itu, agar mudah tersampaikan dan diterima oleh masyarakat Kabupaten Sumenep.

“Jadi, kami menilai melalui sosialisasi di bidang seni ini, akan mudah diterima oleh masyarakat mengenai larangan menjual atau membeli rokok ilegal atau tanpa pita cukai,” terangnya.

Jasatpol PP Kabupaten Sumenep di tengah-tengah pertunjukan topeng dalang ikut serta memberikan materi yang memuat pesan-pesan larangan rokok ilegal.

“Kegiatan tersebut memang dititiktekankan untuk memberikan edukasi larangan rokok ilegal kepada masyarakat umum,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan pagelaran topeng dalang yang digelar mampu menekan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sumenep.

Sehingga diharapkan masyarakat bisa membedakan antara rokok legal atau berpita cukai dan ilegal (tanpa pita cukai). Dimana peredaran rokok ilegal ini ditegaskan sangat merugikan negara.

“Rokok ilegal ini merugikan Negara, karena tidak memberikan pendapatan. Ayuk, kita bersama Gempur Rokok Ilegal di Kabupaten Sumenep,” ungkapnya. (red)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

BEN Carnival 2024 di Kota Blitar Tampilkan Seni Budaya Nusantara dan 4 Benua

14 Juli 2024 - 15:25 WIB

Pertama di Madura, Pemkab Sumenep Gelar Kontes Ayam Hias Shamo Piala Bupati

11 Juli 2024 - 20:51 WIB

Pemkab Sumenep Gelar Event Kicau Burung Mania Piala Bupati 2024

11 Juli 2024 - 20:46 WIB

Pemkab Sumenep Melalui Bagian Kesra Bakal Gelar Gebyar Muharrom 2024 dengan Bersholawat, Ini Tempat dan Tanggalnya

10 Juli 2024 - 13:18 WIB

Bapenda Sumenep Kembali Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT di Kecamatan Kalianget

10 Juli 2024 - 12:09 WIB

Bapenda Sumenep Gelar Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT Serentak di Kecamatan

9 Juli 2024 - 18:48 WIB

Trending di PEMERINTAHAN