Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 4 Jul 2023 21:45 WIB

Diskominfo Sumenep Berikan Layanan Inovasi ‘Si Kapal’ untuk Mudahkan Pertolongan Cepat Bagi Nelayan


 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya. (foto/ist) Perbesar

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, dibawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi yang memiliki tagline ‘Bismillah Melayani’ terus menunjukkan keseriusannya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di ujung timur pulau Garam Madura.

Kali ini, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, untuk perahu nelayan di kabupaten Sumenep nantinya akan dipasangi alat pendeteksi yang terkoneksi dengan reserver Call Centre 112. Alat ini sepeti Black Box atau Kotak Hitam dalam pesawat penerbangan komersial. Penggunaan alat ini untuk memudahkan upaya pencarian atau pertolongan cepat ketika terjadi kecelakaan laut yang menimpa nelayan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya mengatakan, pemasangan alat pendeteksi pada perahu nelayan merupakan pengembangan pelayanan kedaruratan bencana berupa program System Informasi Keselamatan Pelayaran (Si Kapal).

“Si Kapal merupakan sebuah inovasi baru untuk mengurangi korban kecelakaan laut dengan memasang alat pendeteksi pada perahu nelayan,” terang Ferdiansyah saat Dialog bersama Pro 1 RRI Sumenep, Selasa (4/7/2023).

Ferdiansyah menerangkan, alat pendeteksi ini terkoneksi dengan reserver Call Center 112, sehingga jika terjadi kejadian buruk di laut, Anak Buah Kapal (ABK) atau nelayan bisa menekan tombol panic button.

Menurutnya, radar keselamatan ini akan memancarkan sinyal secara terus menerus selama 5 hari, bahkan alat ini nantinya akan diberikan pada perahu nelayan di semua lokasi pelayaran.

“Kami sudah pasang alat pendeteksi Si Kapal ini di 20 perahu nelayan Sapeken sebagai pilot projeck atau percontohan program Si Kapal,” jelas Ferdiansyah.

Pihaknya mengharapkan, Inovasi Si Kapal ini diharapkan bisa memberikan keselamatan dan kenyamanan para pengguna transportasi laut guna meminimalisir kecelakaan laut. (*ji/ily)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN