Menu

Mode Gelap

POLITIK · 12 Mei 2023 20:56 WIB

DPRD Kabupaten Sumenep Kembali Laksanakan Paripurna Penyampaian Hasil Reses III 2023


 MOMENTUM. DPRD Kabupaten Sumenep saat Kembali Laksanakan Paripurna Penyampaian Hasil Reses III 2023. (foto/ist) Perbesar

MOMENTUM. DPRD Kabupaten Sumenep saat Kembali Laksanakan Paripurna Penyampaian Hasil Reses III 2023. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali melakukan Rapat Paripurna penyampaian laporan hasil pelaksanaan reses III 2023 bagi pimpinan dan anggota legislator di ujung timur pulau Garam Madura, Jum’at (12/5/2023).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, M. Syukri. Rapat Paripurna juga dihadiri para pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, Sekdakab Sumenep Edy Rasiyadi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, organisasi dan Pers.

M. Syukri menjelaskan sesuai ketentuan pasal 100 ayat 4 Peraturan DPRD Kabupaten Sumenep Nomor 1 Tahun 2020 tentang tata tertib DPRD. “Dimana setiap anggota DPRD wajib melaporkan hasil pelaksanaan reses kepada pimpinan DPRD dengan mencantumkan waktu dan tempat kegiatan reses, tanggapan atau aspirasi masyarakat serta dokumentasi peserta dan kegiatan pendukung lainnya,” terangnya.

MOMENTUM. DPRD Kabupaten Sumenep saat Kembali Laksanakan Paripurna Penyampaian Hasil Reses III 2023. (foto/ist)

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep M. Syukri lanjut menjelaskan, jika kewajiban untuk melaporkan hasil kegiatan reses merupakan norma yang dimaksudkan sebagai perwujudan dari aspek akuntabilitas pelaksanaan kewajiban setiap anggota DPRD.

“Pelaksanaan reses guna menyerap aspirasi konstituen di daerah pemilihannya masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut M. Syukri menjelaskan, bahwa setiap anggota DPRD juga memikul tanggung jawab, untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang telah dituangkan dalam laporan reses dengan mengupayakan agar dapat diakomodir dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Karena merupakan cikal-bakal dari perumusan rancangan Peraturan Daerah (Perda) APBD tahun berikutnya,” paparnya.

M. Syukri memaparkan, DPRD sesungguhnya telah melaksanakan rangkaian tugas dan  kewajiban yang sangat bernilai, karena dalam tataran konsep maupun implementasinya. “Dan DPRD telah memberikan sumbangsih terhadap upaya penyusunan APBD yang benar-benar mencerminkan kehendak dan aspirasi rakyat,” ungkapnya.

Menurutnya, itu dapat dibuktikan bahwa rancangan Perda APBD yang disusun dari berbagai program kegiatan, pada hakekatnya berasal dari kehendak rakyat yang disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan reses secara rutin setiap tahun.

Sehingga M. Syukri mengaku, sudah sepatutnya jika kegiatan reses pimpinan dan anggota DPRD dapat dijadikan sebagai momentum, untuk mengaktualisasikan peran, kiprah dan kinerja kami sebagai wakil rakyat. “Demi keberlangsungan  pembangunan dan pencapaian cita-cita bersama guna mewujudkan Kabupaten Sumenep yang maju dan sejahtera,” pungkasnya. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Ketua DPRD Sumenep Tekankan Program RTLH Harus Tepat Sasaran

12 Juli 2024 - 21:05 WIB

DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Umum Fraksi terhadap Raperda RPJPD 2025-2045 dan Dua Raperda

12 Juli 2024 - 17:47 WIB

Ketua MWCNU Kecamatan Moga Muhammad Toriq Mendaftarkan Sebagai Bacawabup ke PKB

11 Juli 2024 - 14:17 WIB

Ketua DPRD Sumenep Katakan Pembahasan APBD Perubahan 2024 di Tingkat Komisi-komisi Tuntas

9 Juli 2024 - 20:10 WIB

Wakil Ketua DPRD Indra Wahyudi Ajak Jaga Kerukunan Jelang Pilkada Sumenep 2024

8 Juli 2024 - 20:51 WIB

DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Persetujuan Rancangan Perda RPJPD 2025-2045

3 Juli 2024 - 19:44 WIB

Trending di POLITIK