Menu

Mode Gelap

EKONOMI · 12 Mar 2023 19:40 WIB

Liga Puter Pelung Sukses Digelar, Bupati Fauzi Berharap Semakin Banyak Pecinta & Peminat


 BERSINERGI. Bupati Sumenep bersama Kapolres dan Dandim 0827 menandai dimulainya liga puter dengan menggantungkan sangkar pada gantangan di arena lomba. (foto/ist) Perbesar

BERSINERGI. Bupati Sumenep bersama Kapolres dan Dandim 0827 menandai dimulainya liga puter dengan menggantungkan sangkar pada gantangan di arena lomba. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Liga puter pelung Jawa Timur tahun 2023 di Desa Parsanga, Kecamatan Kota Sumenep, sukses digelar Minggu (12/03/2023) dengan langsung dihadiri Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Keris.

Pemerintah Kabupaten Sumenep bahkan sangat mendukung digelarnya Liga Puter Pelung Jawa Timur 2023 putaran pertama. Yang diikuti 200 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Madura, di antaranya Sidoarjo, Surabaya, Lamongan, Situbondo, Mojokerto, Gresik dan Kabupaten atau Kota lainnya.

BERJEJER. Liga Puter Pelung Sukses Digelar, Bupati Fauzi Berharap Semakin Banyak Pecinta & Peminat. (foto/ist)

Bagi Bupati Sumenep Achmad Fauzi kegiatan itu sangat berimplikasi kepada budidaya dan pelestarian burung puter pelung itu. “Kami harapkan melalui lomba ini semakin banyak pecinta dan peminatnya, supaya burung puter pelung bisa dilestarikan terutama seni suara khasnya,” terang Bupati Fauzi saat menyaksikan langsung, Minggu (12/3).

Di samping itu menurut Bupati Fauzi melalui liga burung puter pelung itu juga menjadi sarana pemberdayaan masyarakat dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, karena dengan maraknya lomba burung itu berdampak positif kepada pengusaha pakan, sangkar, dan gantangan, termasuk pelaku UMKM di kabupaten Sumenep.

“Karena itulah, jika semua sektor dihidupkan tentu saja efeknya kepada pertumbuhan ekonomi pecinta burung itu serta masyarakat,” jelas Bupati Fauzi.

Orang nomor satu di Kota Keris ini juga berharap lomba seni suara puter pelung tidak hanya sekali saja diadakan di kabupaten Sumenep, melainkan harus bisa kontinu menjadi agenda berkelanjutan untuk kejuaraan regional maupun nasional.

“Kejuaraan seni suara puter pelung dengan peserta yang banyak dari luar daerah mampu mengangkat potensi Kabupaten Sumenep baik budaya, kuliner maupun wisatanya,” kata Bupati Fauzi. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Bupati Wongsojudo Ajak Kadin Sumenep Berkolaborasi Tingkatkan Perekonomian Daerah

14 Juli 2024 - 22:47 WIB

Bupati Sumenep Dinobatkan Sebagai Pembina Koperasi Andalan 2024 dari Dekopin dan Kemenkop RI

13 Juli 2024 - 00:26 WIB

Pesisir di Desa Beranta Jadi Tempat Wisata Baru di Pamekasan

11 Juli 2024 - 08:31 WIB

Bersama Pemkab Sumenep, Panitia Matangkan Travelling Wisata ke Gili Labak

8 Juli 2024 - 19:06 WIB

Bupati Wongsojudo Berhasil Bikin Tajamara Sumenep Jadi Wisata Kuliner Kebanggaan

6 Juli 2024 - 22:51 WIB

Bupati Fauzi Dampingi Menteri KKP Indonesia Kunjungi Pulau Gili Iyang, Wisata Kebanggaan Sumenep

3 Juli 2024 - 20:39 WIB

Trending di PARIWISATA