Menu

Mode Gelap

PEMERINTAHAN · 7 Jul 2023 17:00 WIB

Pemkab Sumenep Gelar Pengajian Penguatan Bimbingan Sosial Pelaksana Pilar-pilar Sosial


 Pemkab Sumenep Gelar Pengajian Penguatan Bimbingan Sosial Pelaksana Pilar-pilar Sosial. (foto/ist) Perbesar

Pemkab Sumenep Gelar Pengajian Penguatan Bimbingan Sosial Pelaksana Pilar-pilar Sosial. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, menggelar Pengajian dan Penguatan Bimbingan Sosial terhadap para Pelaksana Pilar-pilar Sosial setempat dengan menghadirkan penceramah agama KH. Musleh Adnan, Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatut Ta’limiyah Kabupaten Pamekasan di Pendopo Agung Keraton, Jumat (07/07/2023).

Pilar-pilar sosial mempunyai peran penting dan strategis, untuk mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam penanganan masalah sosial demi kesejahteraan masyarakat.

“Pilar sosial yang bersinergi dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait, bersama-sama  mencari alternatif solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi di daerah,” terang Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah.

Pemkab Sumenep Gelar Pengajian Penguatan Bimbingan Sosial Pelaksana Pilar-pilar Sosial. (foto/ist)

Menurut Wabup, selama ini, pilar-pilar sosial Kabupaten Sumenep bisa memberikan kontribusinya dalam berbagai upaya mengelola dan menangani masalah sosial, seperti bencana alam, bencana sosial, dan berbagai dinamika, baik lokal maupun nasional.

“Untuk itulah, pilar-pilar sosial ini mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam rangka mengatasi persoalan kemiskinan, serta peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Pilar-pilar sosial merupakan relawan berbasis masyarakat yang bermitra dengan pemerintah, dalam mengimplementasikan berbagai agenda pembangunan kesejahteraan sosial, di antaranya Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna (KT), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pendamping PKH, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang tersebar di Kabupaten Sumenep.

“Kami mengharapkan, program Pemerintah Kabupaten Sumenep di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), mampu mewujudkan tantangan masyarakat yang maju dan berakhlak mulia,” harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sumenep Achmad Zulkarnaen selaku pelaksana pengajian dan penguatan bimbingan sosial terhadap para pelaksana pilar-pilar sosial setempat berharap melalui siraman rohani yang diinisiasi instansi yang dipimpinnya dapat meningkatkan kinerja yang profesional.

“Para pilar sosial setelah siraman rohani ini, lebih bersiap diri dan meningkatkan profesionalitas dalam bekerja, sesuai tugas dan tanggung jawabnya untuk pengabdian kepada masyarakat,” harap Zulkarnaen. (*ji/red)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

BEN Carnival 2024 di Kota Blitar Tampilkan Seni Budaya Nusantara dan 4 Benua

14 Juli 2024 - 15:25 WIB

Pertama di Madura, Pemkab Sumenep Gelar Kontes Ayam Hias Shamo Piala Bupati

11 Juli 2024 - 20:51 WIB

Pemkab Sumenep Gelar Event Kicau Burung Mania Piala Bupati 2024

11 Juli 2024 - 20:46 WIB

Pemkab Sumenep Melalui Bagian Kesra Bakal Gelar Gebyar Muharrom 2024 dengan Bersholawat, Ini Tempat dan Tanggalnya

10 Juli 2024 - 13:18 WIB

Bapenda Sumenep Kembali Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT di Kecamatan Kalianget

10 Juli 2024 - 12:09 WIB

Bapenda Sumenep Gelar Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT Serentak di Kecamatan

9 Juli 2024 - 18:48 WIB

Trending di PEMERINTAHAN