Menu

Mode Gelap

EKONOMI · 30 Jul 2023 22:13 WIB

Pemkab Sumenep Sukses Promosikan Wisata Giliyang Melalui Sunmori Fun Bike


 Pemkab Sumenep Sukses Promosikan Wisata Giliyang Melalui Sunmori Fun Bike. (foto/ist) Perbesar

Pemkab Sumenep Sukses Promosikan Wisata Giliyang Melalui Sunmori Fun Bike. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Sebanyak 500 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur memeriahkan Giliyang Oxygen Sunmori Fun Bike (Sepeda Santai), di Pulau Oksigen Giliyang Kecamatan Dungkek, Minggu (30/7/2023).

Peserta fun bike itu melintasi rute sepanjang 12 kilometer untuk menikmati keistimewaan Pulau Giliyang Kecamatan Dungkek, yang memiliki kadar oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania.

Pelepasan peserta fun bike dilakukan Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo. Bahkan Bupati H. Achmad Fauzi usai melepas peserta ikut meramaikan kegiatan dengan mendayung sepeda bersama peserta lain.

“Peserta Giliyang Oxygen Sunmori Fun Bike sangat luar biasa, karena pesertanya tidak hanya masyarakat yang berasal dari Kabupaten Sumenep dan Madura saja, melainkan juga dari luar daerah,” terang Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

Ke depan, diharapkan, dengan banyaknya peserta terutama dari luar daerah semakin banyak berkunjung ke Pulau Oksigen Giliyang, apalagi pulau itu tidak hanya sebagai wisata kesehatan semata, melainkan juga memiliki wisata alam yang indah, di antaranya Pantai Ropet, Batu Cangga, dan Goa Maharani.

“Para peserta maupun wisatawan bisa menikmati keindahan pulau yang memiliki sejuta pesona itu, sambil bersepeda sekaligus melihat pemandangan yang indah dan menyejukkan,” ungkap Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Bupati Sumenep mengungkapkan, pelaksanaan fun bike di Pulau Oksigen Giliyang merupakan kedua kalinya, karena sebelum wabah Covid-19 diadakan kegiatan yang sama dengan jumlah peserta mencapai 800 orang.

Sedangkan untuk tahun ini, peserta dibatasi 500 orang, karena keterbatasan fasilitas untuk penginapan peserta, sehingga ke depan, perlu dilakukan penambahan sarana dan prasarananya.

“Dermaga baru sangat mendukung perkembangan wisata di Pulau Giliyang, hanya membutuhkan penambahan fasilitas lain sebagai penunjang wisata di pulau itu,” jelas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan mengungkapkan, bahwa tujuan digelarnya Giliyang Oxygen Sunmori Fun Bike itu untuk mengenalkan pulau wisata kesehatan (Health Tourism) Giliyang atau yang juga dijuluki pulau awet muda ini.

“Di mana Pulau Giliyang merupakan satu-satunya yang menawarkan wisata kesehatan di Indonesia,” terang Iksan.

Kadisbudporapar Sumenep mengatakan, dalam event Giliyang OxygenSunmori Fun Bike selain bertujuan mempromosikan wisata Pulau Giliyang, juga memberdayakan ekonomi masyarakat setempat dengan melibatkan para UMKM lokal.

Panitia Penyelenggara Kebunan Mountain Bike (KMB) Ipung Temposo menambahkan, peserta yang berasal dari luar daerah mencapai ratusan, di antaranya dari Tanggerang, Sidoarjo, Malang, Situbondo, Banyuwagi, Gresik, Bali, Surabaya dan Kabupaten lainnya di Pulau Madura.

“Masyarakat melalui acara ini agar membiasakan diri bersepeda untuk berolahraga sambil menikmati keindahan dan wisata di Pulau Oksigen Giliyang,” jelasnya. (*ji/ily)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Muharram dengan Bershalawat, Bupati Fauzi: Wujud Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

16 Juli 2024 - 23:52 WIB

Bapenda Sumenep Turlap ke Nonggunong Sosialisasi Pembayaran Pajak Daerah Non Tunai dan Penyerahan SPPT

16 Juli 2024 - 22:59 WIB

Pemkab Gelar Penyerahan Pusaka Keraton untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Agung yang Dimiliki Sumenep

16 Juli 2024 - 21:38 WIB

Bupati Rini Syarifah Serahkan SK Pengukuhan BPD di Kabupaten Blitar

16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas di Kecamatan Wonodadi

15 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pemkab Bersama Pelar Agung Gelar Haul dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep 2024 Libatkan Pelajar

15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Trending di PEMERINTAHAN