Menu

Mode Gelap

TNI · 28 Jun 2024 18:17 WIB

TNI dan Petani di Pamekasan Bersinergi Dukung Ketahanan Pangan di Desa


 TNI dan Petani di Pamekasan Bersinergi Dukung Ketahanan Pangan di Desa Perbesar

PAMEKASAN (JURNALIS INDONESIA) – Ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional, Babinsa Koramil 0826-07 Pegantenan dan masyarakat Desa Palesangger, Kecamatan Pegantenan, membudidayakan tanaman singkong, Jum’at (28/06/2024).

Serka I Gede Tama yang merupakan Babinsa Desa Rekkerek bersama dengan seorang petani terlihat tengah melakukan panen singkong di kebun Fatimah warga Dusun Tajuk. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kemanunggalan TNI dengan rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan lokal.

“Kami berharap bisa memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan di desa ini. Ini adalah wujud nyata kemanunggalan TNI dan rakyat,” kata Serka I Gede Tama.

Dikatakan, tanaman singkong memiliki peran krusial dalam ketahanan pangan dan perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu tanaman pangan utama setelah padi, jagung, dan kedelai, singkong tidak hanya menjadi sumber karbohidrat yang penting bagi jutaan penduduk, tetapi juga menjadi komoditas ekonomi yang bernilai tinggi.

“Singkong dikenal memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan, termasuk tanah yang kurang subur dan iklim kering. Hal ini menjadikan singkong sebagai tanaman yang dapat dibudidayakan di hampir seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Selain sebagai sumber pangan, singkong juga memiliki manfaat lain. Daun singkong sering diolah menjadi sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral,” lanjutnya.

“Kita berharap budidaya tanaman singkong ini dapat membantu mencukupi kebutuhan pangan lokal dan meningkatkan perekonomian warga serta menjadi potensi dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional,” jelasnya

Diakui, dengan adanya sinergi antara TNI dan masyarakat desa seperti ini, maka ketahanan pangan di Desa Palesanggar dapat terjaga dengan baik. (fid)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Anggota TNI Bersama Warga Bantu Bongkar Rumah untuk Direnovasi

25 Juni 2024 - 12:02 WIB

Yuk Ikuti dan Saksikan Turnamen Kasti Dandim Cup 2024 di Depan Pantai Slopeng, Ini Tanggalnya

16 Juni 2024 - 07:42 WIB

Babinsa Desa Jalmak Bersama Warga Bersihkan Selokan

10 Juni 2024 - 08:52 WIB

Dandim 0826 Pamekasan Serahkan Pompa Air Kepada Kelompok Tani

6 Juni 2024 - 14:02 WIB

Koramil Masalembu Bersama BPRS Bersinergi, Lakukan Komsos dan Bantu Warga Panen Garam

31 Mei 2024 - 19:33 WIB

Kadisdukcapil Pemalang Hadiri Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0711

31 Mei 2024 - 08:03 WIB

Trending di TNI