Menu

Mode Gelap

OPINI · 20 Mar 2024 22:31 WIB

Perkembangan dan Persiapan Revolusi Industri di Indonesia


 Perkembangan dan Persiapan Revolusi Industri di Indonesia Perbesar

Oleh : Aryasatya Dwiki Setiawan, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Airlangga

Revolusi industri merupakan sebuah transformasi besar dalam sejarah manusia yang ditandai dengan pergeseran dari manufaktur tradisional ke industri modern. Revolusi ini membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi, sosial, dan budaya.

Indonesia saat ini sedang bersiap untuk memasuki era Revolusi Industri 4.0, yang ditandai dengan penggunaan teknologi digital dan internet untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses industri. Era ini menghadirkan peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Perkembangan Indonesia Memasuki Revolusi Industri 4.0

Beberapa perkembangan yang menunjukkan kesiapan Indonesia untuk memasuki Revolusi Industri 4.0 antara lain:

  • Peningkatan penetrasi internet: Penetrasi internet di Indonesia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2023, penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7%, meningkat dari 54,6% di tahun 2019.
  • Pengembangan infrastruktur digital: Pemerintah Indonesia sedang gencar membangun infrastruktur digital, seperti Palapa Ring, untuk meningkatkan konektivitas internet di seluruh wilayah Indonesia.
  • Peningkatan jumlah talenta digital: Pemerintah Indonesia dan berbagai pihak swasta sedang aktif meningkatkan jumlah talenta digital di Indonesia melalui berbagai program pelatihan dan pendidikan.

Tantangan Indonesia Memasuki Revolusi Industri 4.0

Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia untuk dapat sepenuhnya memasuki Revolusi Industri 4.0, antara lain:

  • Kesenjangan digital: Masih terdapat kesenjangan digital yang besar antara wilayah perkotaan dan pedesaan di Indonesia.
  • Keterampilan tenaga kerja: Banyak tenaga kerja di Indonesia yang belum memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di era Revolusi Industri 4.0.
  • Regulasi: Regulasi di Indonesia perlu diadaptasi agar dapat mendukung perkembangan Revolusi Industri 4.0.

Solusi Indonesia Terhadap Revolusi Industri 4.0

Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, antara lain:

  • Membuat peta jalan Making Indonesia 4.0: Peta jalan ini berisi strategi dan program untuk mendorong implementasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia.
  • Membentuk Kementerian Komunikasi dan Informatika: Kementerian ini bertanggung jawab untuk mengembangkan infrastruktur digital dan meningkatkan literasi digital masyarakat.
  • Meluncurkan program Digital Talent Scholarship: Program ini memberikan beasiswa kepada talenta digital muda Indonesia untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan di bidang teknologi digital.

Dengan berbagai perkembangan dan persiapan yang dilakukan, Indonesia diharapkan dapat memasuki Revolusi Industri 4.0 dan memanfaatkan peluang yang ditawarkannya untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Revolusi Industri 4.0 merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah untuk mempersiapkan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0. Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi, seperti kesenjangan digital, keterampilan tenaga kerja, dan regulasi.

Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

Upaya Memformulasikan Judicial Restrain dalam Hukum Positif di Indonesia

29 Juni 2024 - 12:12 WIB

Catatan Bedah Buku Puisi Senandung Rakyat Merdeka

21 November 2023 - 07:30 WIB

Pemberlakuan Asas Retroaktif sebagai Terobosan Baru dalam Penyusunan Argumentasi Hukum

15 September 2023 - 07:00 WIB

Rujak Pak Bupati

16 Agustus 2023 - 09:33 WIB

Konflik di Gersik Putih, Warga Jadi Musuh Polisi (?)

21 Mei 2023 - 08:27 WIB

Makelar Kasus

17 November 2022 - 22:29 WIB

Trending di OPINI