Menu

Mode Gelap

PARIWISATA · 26 Mei 2023 21:38 WIB

Berkat Tangan Terampil Pemuda Ini, Kabupaten Sumenep Bakal Miliki Wisata Petik Sayur & Buah


 Oyik Lanyala selaku inisiator sekaligus pemilik lahan di Desa Jambu, Kecamatan Lenteng yang tengah menggagas menggarap Wisata Petik Sayur dan Buah di Kabupaten Sumenep. (foto/ist for jurnalis indonesia) Perbesar

Oyik Lanyala selaku inisiator sekaligus pemilik lahan di Desa Jambu, Kecamatan Lenteng yang tengah menggagas menggarap Wisata Petik Sayur dan Buah di Kabupaten Sumenep. (foto/ist for jurnalis indonesia)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Kabupaten Sumenep yang berada di ujung timur pulau Garam Madura, Jawa Timur, bakal memiliki Wisata Petik Sayur dan Buah yang saat ini tengah digagas digarap oleh tangan terampil pemuda yang karib disapa Oyik Lanyala selaku inisiator sekaligus pemilik lahan di Desa Jambu, Kecamatan Lenteng.

Usaha wisata unggulan yang tengah digarap Oyik Lanyala untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, warga Desa Jambu, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, dengan memanfaatkan mengandalkan keindahan bebukitan di lahan miliknya.

“Sebenarnya sudah kita mulai 3 tahun lalu. Mulai dari berbagai macam sayur, hingga buah-buahan, di awal saya mencoba tanam cabai dan tomat, sedangkan yang terbaru kita tanam alpukat, cheri dan strawbery,” terang Oyik Lanyala, Jumat (26/5/2023).

Ke depan wisata petik sayur dan buah yang tengah digarap olehnya, diharapkan menjadi media sarana edukasi masyarakat Kabupaten Sumenep khususnya Madura pada umumnya yang sangat cocok dijadikan edukasi siswa yang ingin belajar lebih jauh terkait pertanian.

“Kita di Sumenep sudah banyak jujukan wisata nuansa hura-hura. Seperti kolam renang, dan lain-lain. Tapi untuk wisata edukasi ini yang akan jadi paling pertama. Pilot projectnya sedang kami finalisasi bersama teman-teman,” terang Oyik.

Sisi lain dengan adanya wisata petik sayur dan buah yang sedang digarapnya, diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat Sumenep, khususnya warga sekitar di Desa Jambu, Kecamatan Lenteng.

“Nanti kami buat warung dan gazebo pengunjung. Soal pemandangan jangan khawatir. Insyaallah nanti konsepnya hampir mirip dengan wisata petik buah di Batu-Malang, namun bertahap karena ini menggunakan dana pribadi tanpa ada bantuan dari pemerintah,” jelas Oyik. (*ji/ily/red)

Artikel ini telah dibaca 146 kali

Baca Lainnya

Pesisir di Desa Beranta Jadi Tempat Wisata Baru di Pamekasan

11 Juli 2024 - 08:31 WIB

Bersama Pemkab Sumenep, Panitia Matangkan Travelling Wisata ke Gili Labak

8 Juli 2024 - 19:06 WIB

Bupati Fauzi Dampingi Menteri KKP Indonesia Kunjungi Pulau Gili Iyang, Wisata Kebanggaan Sumenep

3 Juli 2024 - 20:39 WIB

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo Ingin Egsol Jadi Pelopor Pelestari Budaya

30 Juni 2024 - 22:41 WIB

Kehadiran Bupati Sumenep pada Festival Desa Wisata 2024 Disambut Antusias Ribuan Pengunjung di Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 20:27 WIB

Ingin Malam Mingguan Bersama Bupati Sumenep, Yuk Hadiri Tarian Flashmob di Bundaran Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 14:55 WIB

Trending di EKONOMI