Menu

Mode Gelap

HUKUM & KRIMINAL · 3 Jul 2022 21:58 WIB

Kabar Gembira Bagi Masyarakat Sumenep, RSUD Moh Anwar Kini Buka Poli Ortopedi


 Kabar Gembira Bagi Masyarakat Sumenep, RSUD Moh Anwar Kini Buka Poli Ortopedi Perbesar

SUMENEP, Jurnalis-Indonesia.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Moh Anwar milik Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus meningkatkan layanan kesehatan. Terkini rumah sakit pelat merah di kota keris ini membuka Poli Ortopedi.

Direktur RSUD dr H Moh Anwar Sumenep dr Erliyati melalui Arman Endika Kasi Humas rumah sakit pelat merah ini mengungkapkan, Poli Ortopedi di rumah sakit milik Pemkab Sumenep dibuka per 1 Juli 2022.

Diterangkan, Poli Ortopedi ini melayani kesehatan atau pengobatan pada penyakit yang berkaitan pada tulang. Seperti cedera akibat olahraga atau kecelakaan. Selain itu juga gangguan pada tulang, persendian, dan sebagainya.

Menurutnya, Poli Ortopedi ini bukan poli baru. Poli ini dulu pernah ada kemudian vakum kurang lebih 5 sampai 8 tahun, dan sekarang buka lagi karena permintaan dari masyarakat terhadap layanan ortopedi tinggi. Seba selama ini kasus-kasus ortope di diSumenep banyak yang dirujuk ke luar daerah.

“Jadi sekarang kalau ada kecelakaan yang membutuhkan penanganan serius terkait dengan tulang tidak lagi harus dirujuk. Tidak lagi buru-buru ke Surabaya. Komitmen dari dokter spesialis ortopedi kalau ada kasus ditangani di RSUD dr H Moh Anwar Sumenep,” jelasnya.

Dijelaskan, layanan kesehatan ortopedi di RSUD Moh Anwar Sumenep sudah disiapkan sejak tahun 2021.

“Jadi semua perangkat yang berkaitan dengan bedah ortopedi, termasuk untuk tata laksana operasinya, sudah siap,” terangnya.

Lebih lanjut dipaparkan, RSUD Moh Anwar Sumenep juga telah melakukan pelatihan perawat pendamping untuk ruang operasi ketika ada tindakan ortopedi dan semuanya sudah siap.

“Alhamdulillah semuanya sudah siap. Yang menangani poli ini adalah Dokter Kolonel Erwin Manaf, Sp.OT. Minggu kemarin dokternya melakukan ceking akhir terhadap kesiapan kita. Alhamdulillah sudah siap,” ungkapnya.

Diungkapkan, untuk Poli Ortopedi RSUD dr H Moh Anwar Sumenep itu dibuka setiap Senin dan Selasa. Jadi dua hari dalam seminggu. Namun menurutnya, tidak menutup kemungkinan lebih dari dua hari dalam seminggu.

Sementara untuk pembiayaan Layanan Poli Ortopedi di RSUD dr H Moh Anwar Sumenep menurutnya untuk sementara waktu menggunakan umum.

“Untuk bisa dilayani BPJS, terlebih dahulu harus dilakukan kredinsialing oleh BPJS. Apakah pelayanan ini bisa dinikmati pasien BPJS atau tidak,” jelasnya, pada tahap awal ini, sambil lalu kita coba lengkapi untuk meminta kredinsialing kepada BPJS untuk pasien BPJS bisa dibiayai.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

Baca Lainnya

Polrestabes Surabaya Berhasil Ungkap Judol, 6 Tersangka Diamankan

16 Juli 2024 - 08:19 WIB

Polres Pelabuhan Tanjungperak Berhasil Amankan Pengedar Narkoba

13 Juli 2024 - 19:54 WIB

Eko Beni Widarman Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Penganiayaan, Kini dalam Pemeriksaan

13 Juli 2024 - 07:47 WIB

Ketua DPRD Sumenep Tekankan Program RTLH Harus Tepat Sasaran

12 Juli 2024 - 21:05 WIB

DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Umum Fraksi terhadap Raperda RPJPD 2025-2045 dan Dua Raperda

12 Juli 2024 - 17:47 WIB

Ketua MWCNU Kecamatan Moga Muhammad Toriq Mendaftarkan Sebagai Bacawabup ke PKB

11 Juli 2024 - 14:17 WIB

Trending di POLITIK