Menu

Mode Gelap

PENDIDIKAN · 17 Apr 2023 19:54 WIB

SMAN 2 Sumenep Salurkan Zakat Fitrah


 BERJALAN LANCAR. Kepala SMAN 2 Sumenep Drs. Sukarman saat menyalurkan secara simbolis paket beras Zakat Fitrah di halaman sekolah setempat, Senin (17/4/2023). (foto/ist) Perbesar

BERJALAN LANCAR. Kepala SMAN 2 Sumenep Drs. Sukarman saat menyalurkan secara simbolis paket beras Zakat Fitrah di halaman sekolah setempat, Senin (17/4/2023). (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyalurkan zakat fitrah kepada masyarakat fakir miskin di Kota Keris. Penyalurannya, diberikan langsung secara simbolis oleh Kepala SMAN 2 Sumenep Drs. Sukarman di halaman sekolah setempat, Senin (17/4/2023).

Zakat fitrah yang disalurkan oleh sekolah favorit SMA Negeri di Kabupaten Sumenep yang familiar dijuluki SMADA merupakan agenda rutin setiap tahun di bulan Ramadan. Pada bulan Ramadan 1444 H/2023 ini SMAN 2 Sumenep menyalurkan sebanyak 522 paket beras Zakat Fitrah.

Penyaluran paket beras Zakat Fitrah diberikan langsung simbolis kepada 30 penerima oleh Kepala SMAN 2 Sumenep Drs. Sukarman, dan Panitia Zakat serta oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMADA. Penyalurannya pun terpantau berlangsung lancar.

Baca Juga: SMAN 2 Sumenep Gelar Pondok Ramadan Diawal sebagai Bekal Siswa Melaksanakan Ibadah Puasa

Kepala SMAN 2 Sumenep Drs. Sukarman menuturkan, Zakat Fitrah merupakan salah satu zakat yang diwajibkan dan dilakukan pada bulan suci Ramadan terutama bagi umat muslim.

Sukarman berharap dengan adanya pelaksanaan pendistribusian dan penyaluran Zakat Fitrah oleh satuan pendidikan di bawah naungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Sumenep Jawa Timur pada sekolah favorit Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Keris yang familiar dengan julukan SMADA yang kini dipimpinnya, dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya Zakat Fitrah sebagai kewajiban umat Islam dan bentuk kepedulian sosial.

“Semoga pengumpulan dan penyaluran Zakat Fitrah ini membawa manfaat besar bagi masyarakat sekitar,” harap kepala sekolah yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan ini.

Bagi mantan Kepala SMAN 1 Sumenep ini, kegiatan positif di bulan suci Ramadan yang dilakukan SMAN 2 Sumenep di kepemimpinannya sebagai media untuk dapat memberikan sentuhan langsung terhadap siswa-siswinya menanamkan sejak dini dalam menebar kebaikan dan saling berbagi berkah sehingga dapat menumbuhkan kepedulian sosial yang tinggi diantara sesama ummat muslim.

“Semoga dengan adanya Zakat Fitrah ini juga mampu menyempurnakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan dan semoga apa yang kita lakukan akan dijadikan salah satu tambahan pahala amal baik kita,” tutur Sukarman.

Sementara itu, Ketua Panitia Zakat Sugianto mengungkapkan, ada 522 paket beras Zakat Fitrah yang disalurkan SMAN 2 Sumenep di bulan Ramadan tahun 2023 ini kepada yang berhak penerima zakat.

“Kami bersama tim yang berkolaborasi dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMADA berbagi tugas dalam menyalurkan Zakat Fitrah terhadap fakir miskin dan warga sekitar yang berhak menerimanya,” jelasnya. (*ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Kepala Bappeda Arif Firmanto Peroleh Gelar Doktor: Saya Persembahkan untuk Pembangunan Sumenep

13 Juli 2024 - 19:34 WIB

Bupati Sumenep Raih Gelar Doktor Predikat Cumlaude: Semoga Ilmu yang Didapat Bermanfaat kepada Masyarakat

12 Juli 2024 - 17:03 WIB

Kasi Pendma Kemenag Bakal Panggil Kepala MTsN 2 Sumenep Soal Biaya Daftar Ulang, Buku Tulis-Atribut Seragam

9 Juli 2024 - 16:35 WIB

MTsN 2 Sumenep Bakal Tarik Biaya Daftar Ulang dan Buku Tulis-Atribut Seragam

9 Juli 2024 - 16:18 WIB

Persiapkan Siswa-siswi Jadi Generasi Qurani, Yayasan Madaris Mahwil Ummiyah Gelar Haflatul Imtihan ke-22

7 Juli 2024 - 21:43 WIB

Lembaga UKW Fikom Unitomo Gelar Literasi Digital Perangi Hoaks

24 Juni 2024 - 20:35 WIB

Trending di PENDIDIKAN