Menu

Mode Gelap

PARIWISATA · 16 Apr 2024 15:31 WIB

Pemkab Sumenep Gelar Festival Ketupat Upaya Satukan Kebersamaan Bangun Daerah


 Pemkab Sumenep Gelar Festival Ketupat Upaya Satukan Kebersamaan Bangun Daerah Perbesar

Pemkab Sumenep Gelar Festival Ketupat Upaya Satukan Kebersamaan Bangun Daerah

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar festival ketupat di momentum suasana lebaran Idul Fitri tahun 2024 upaya satukan kebersamaan membangun daerah.

Sebanyak 54  peserta memeriahkan gestival ketupat 2024 yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Sumenep di objek wisata Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang, Sumenep.

Pemkab Sumenep Gelar Festival Ketupat Upaya Satukan Kebersamaan Bangun Daerah

Peserta festival tidak hanya membuat satu macam saja, melainkan bermacam-macam bentuknya seperti katopa’ sangoh (ketupat yang bentuknya paling umum), katopa’ toju’, katopa’ kope’, katopa’ bhâbâng, katopa’ jhârân, katopa’ masjid dan jenis lainnya.

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengatakan, Festival ketupat ini, sebagai upaya melestarikan budaya, khususnya tradisi Tellasan Topak yang telah turun-temurun menjadi tradisi masyarakat setelah Idul Fitri.

“Diharapkan, semangat kegiatannya dalam rangka menyambut Tellasan Topak sebagai media menyatukan energi seluruh lapisan masyarakat dalam mengejar dan mengikat kemajuan,” kata Wakil Bupati Sumenep disela-sela pembukaan festival, Selasa (16/04/2024).

Pemerintah Kabupaten Sumenep berkomitmen menjadikan budaya lokal sebagai kekuatan pembangunan di segala sektor termasuk pariwisata, sehingga untuk mewujudkannya membutuhkan kontribusi dan dukungan seluruh lapisan masyarakat.

“Semangat tellasan topak guna menyatukan seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan kemajuan Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan menyatakan, peserta Festival Ketupat membuat kreasi wadah ketupat (orong topak).

“Tujuan kegiatan ini adalah seni budaya pertunjukan dan kuliner dalam rangka melestarikan tradisi, mendorong dan meningkatkan kunjungan wisatawan,” terangnya.

Artikel ini telah dibaca 46 kali

Baca Lainnya

Pesisir di Desa Beranta Jadi Tempat Wisata Baru di Pamekasan

11 Juli 2024 - 08:31 WIB

Bersama Pemkab Sumenep, Panitia Matangkan Travelling Wisata ke Gili Labak

8 Juli 2024 - 19:06 WIB

Bupati Fauzi Dampingi Menteri KKP Indonesia Kunjungi Pulau Gili Iyang, Wisata Kebanggaan Sumenep

3 Juli 2024 - 20:39 WIB

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo Ingin Egsol Jadi Pelopor Pelestari Budaya

30 Juni 2024 - 22:41 WIB

Kehadiran Bupati Sumenep pada Festival Desa Wisata 2024 Disambut Antusias Ribuan Pengunjung di Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 20:27 WIB

Ingin Malam Mingguan Bersama Bupati Sumenep, Yuk Hadiri Tarian Flashmob di Bundaran Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 14:55 WIB

Trending di EKONOMI