Menu

Mode Gelap

PARIWISATA · 26 Apr 2023 21:07 WIB

Wisatawan Asing juga Kunjungi Pantai Lombang, Saksikan Kemeriahan Festival Layangan LED


 Seorang wisatawan asing saat menyaksikan kemeriahan festival layangan LED di wisata pantai Lombang Sumenep, Rabu (26/4/2023) malam. (foto/ist jurnalis indonesia) Perbesar

Seorang wisatawan asing saat menyaksikan kemeriahan festival layangan LED di wisata pantai Lombang Sumenep, Rabu (26/4/2023) malam. (foto/ist jurnalis indonesia)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) -Festival layangan LED (Night Kite Fest) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat yang ditempatkan di wisata pantai Lombang tidak hanya berhasil menarik ribuan pengunjung dari wisatawan daerah namun mampu menarik perhatian dari wisatawan asing, Rabu (26/4/2023).

Pantauan jurnalis indonesia, Rabu (26/4/) malam, seorang wisatawan asing juga terlihat menyaksikan kemeriahan festival layangan LED yang merupakan rentetan dari Calendar Event 2023 Masa Kejayaan Sumenep.

Ia nampak terlihat takjub dengan kemeriahan festival layangan LED yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sumenep di salah satu destinasi kebanggaan Kota Keris. “Amazing,” ucap seorang wisatawan asing di sela-sela sekitar ribuan wisatawan saat menyaksikan deretan layangan LED yang terpajang berjejer seraya mengabadikan dengan ponsel genggam (handphone) miliknya.

Sekedar informasi, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyelenggarakan festival Layangan LED Masa Kejayaan Sumenep 2023 dengan memperebutkan piala bergilir Bupati Sumenep. Event ini digelar permata kali di Madura yang berlangsung di wisata Pantai Lombang Sumenep. Event festival layangan LED (Night Kite Fest) ini merupakan rentetan dari Calendar Event Sumenep Masa Kejayaan yang berlangsung pada bulan April 2023 ini.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep Mohammad Iksan, mengatakan, festival layangan LED merupakan kalender event ke-9 yang akan digelar 26 April 2023 pada malam hari sebelum lebaran ketupat dan dilanjutkan kegiatan keesokan harinya 27 April 2023 bersama Bupati Sumenep yang direncanakan hadir dan bermalam bersama di Pantai Lombang.

Pihaknya dalam rangka mensukseskan event yang bakal digelar pertama kali dan se-Madura ini, dengan berkoordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait setempat, seperti Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub), termasuk dari Kecamatan Batang-batang dan Pokdarwis serta Protokol dan pihak lain.

Semua itu dilakukan dengan harapan event yang merupakan rentetan dari program Calendar Event Sumenep Masa Kejayaan 2023 tersebut benar-benar menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata Pantai Lombang yang merupakan tempat kegiatan tersebut nantinya digelar. Sehingga dalam pelaksanaannya benar-benar meriah dan mampu menghadirkan penonton sebanyak-banyaknya hingga mendongkrak pariwisata di Sumenep.

“Festival layangan LED ini harus menjadi daya tarik pengunjung, sehingga semakin banyak dikunjungi wisatawan yang tentunya berdampak pada geliat ekonomi UMKM, termasuk juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” terang Iksan dilansir Jurnalis Indonesia, Minggu (9/4/2023).

Kepala Disbudporapar berkeyakinan festival layangan LED yang bakal diselenggarakan 26 April 2023, pada malam hari sebelum lebaran ketupat dan dilanjutkan kegiatan keesokan harinya 27 April 2023 bersama Bupati Sumenep, yang direncanakan hadir dan bermalam bersama di wisata Pantai Lombang Sumenep mampu menghadirkan banyak pengunjung.

“Kami yakin kegiatan tradisional yang digelar sebelum lebaran ketupat dan masih banyak pemudik belum balik pasca Idul Fitri, tentunya pengunjung berpotensi semakin banyak yang datang,” papar Iksan.

Apalagi di hari kedua nantinya, juga ada Outbond (Wargame antar OPD dan Camat) akan menambah keseruan, karena Outbond Paintball Wargame ini merupakan permainan menarik yang baru dilaksanakan pada momentum event se-Madura kali ini. (ji/ils/red)

Artikel ini telah dibaca 118 kali

Baca Lainnya

Pesisir di Desa Beranta Jadi Tempat Wisata Baru di Pamekasan

11 Juli 2024 - 08:31 WIB

Bersama Pemkab Sumenep, Panitia Matangkan Travelling Wisata ke Gili Labak

8 Juli 2024 - 19:06 WIB

Bupati Fauzi Dampingi Menteri KKP Indonesia Kunjungi Pulau Gili Iyang, Wisata Kebanggaan Sumenep

3 Juli 2024 - 20:39 WIB

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo Ingin Egsol Jadi Pelopor Pelestari Budaya

30 Juni 2024 - 22:41 WIB

Kehadiran Bupati Sumenep pada Festival Desa Wisata 2024 Disambut Antusias Ribuan Pengunjung di Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 20:27 WIB

Ingin Malam Mingguan Bersama Bupati Sumenep, Yuk Hadiri Tarian Flashmob di Bundaran Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 14:55 WIB

Trending di EKONOMI