Menu

Mode Gelap

PARIWISATA · 5 Sep 2023 22:03 WIB

Kades Kebunagung Sulap Goa Jeruk Jadi Wisata Andalan Kota Keris, Siap Dilaunching Sebelum Harjad Sumenep


 SIAP MEMANJAKAN. Air terjun Wisata Goa Jeruk Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. (foto/ist) Perbesar

SIAP MEMANJAKAN. Air terjun Wisata Goa Jeruk Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. (foto/ist)

SUMENEP (JURNALIS INDONESIA) – Desa Kebunagung yang terletak di Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang kini dipimpin Kepala Desa (Kades) Bustanul Affa terus mengalami perubahan kemajuan atas inovasi-inovasinya.

Saat ini, Goa Jeruk yang berada di Desa Kebunagung berkat pemikiran terampil Kades Bustanul Affa disulap menjadi destinasi wisata andalan Kota Keris Sumenep yang super lengkap.

“Di Wisata Goa jeruk ini nantinya terbilang lengkap karena ada wisata alam, bumi perkemahan, outbound, wisata air, air terjun dan lembung konyik,” ungkap Kades Kebunagung kepada jurnalis indonesia, Selasa (5/9/2023).

Kades Kebunagung Sulap Goa Jeruk Jadi Wisata Andalan Kota Keris, Siap Dilaunching Sebelum Harjad Sumenep. (foto/ist)

Kades Tanu yang familiar disapa menargetkan, Wisata Goa Jeruk Kebunagung siap dilaunching sebelum Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Sumenep ke-754 tahun 2023 di penghujung bulan Oktober. Saat ini sedang menggenjot untuk fasilitas pembangunan infrastrukturnya.

“Seperti jalan paving 1,20 meter x 100 meter untuk akses langsung ke Wisata Goa Jeruk sudah selesai. Untuk jalan paving yang lebar 3 meter x panjang 140 meter masih dalam tahap pengerjaan. Kemudian diteruskan jalan paving 3 meter x 140 meter yang kini dalam proses pengerjaan,” terangnya.

Termasuk juga pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), 5 Gazebo, Dermaga ukuran 5 meter x 7 meter dari dana bantuan keuangan (BK) juga masih dikerjakan.

“Untuk Pendopo Agung dan MCK yang dibangun dari dana APBDes hampir rampung,” jelas Kades Tanu.

Kades Kebunagung Sulap Goa Jeruk Jadi Wisata Andalan Kota Keris, Siap Dilaunching Sebelum Harjad Sumenep. (foto/ist)

Kepala Desa Kebunagung menginginkan pembangunan fasilitas infrastruktur pendukung bisa selesai tepat waktu. Sehingga Wisata Goa Jeruk Kebunagung andalan Kota Keris bisa di launching sebelum Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754 di penghujung bulan Oktober tahun 2023.

Kades Tanu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat yang telah mensuport desa wisata Kebunagung melalui Bantuan Keuangan (BK).

Diakuinya, sejumlah program BK itu menjadi pendukung untuk mendongkrak kemajuan di sektor wisata. Termasuk akses jalan yang menjadi penunjang utama untuk menarik wisatawan atau pengunjung di Wisata Goa Jeruk Kebunagung.

Kades Tanu mengungkapkan, Goa Jeruk yang kini disulap menjadi destinasi wisata andalan Kota Keris Sumenep memiliki histori yang mengesankan, yakni menjadi tempat pertapaan Sultan Abdurrahman.

“Sebelum muncul wisata wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, Goa Jeruk ini adalah tempat orang berkunjung saat lebaran ketupat. Oleh sebab itu, komitmen saya ingin mengembangkan potensi Desa Kebunagung agar bisa mendongkrak ekonomi warga setempat,” ungkap Kades Kebunagung yang merupakan salah satu Kades Visioner di Kabupaten Sumenep.

Kades Tanu optimis keberadaan Wisata Goa Jeruk Kebunagung nantinya, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat melalui UMKM dan mengurangi pengangguran di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Dengan dilaunching-nya Wisata Goa Jeruk nanti, saya optimis akan mendongkrak perekonomian masyarakat melalui pelaku UMKM dan mengurangi pengangguran,” papar Kades Kebunagung.

Baginya selama kepemimpinannya menjadi Kepala Desa Kebunagung, pihaknya berkomitmen, untuk memberikan inovasi-inovasi terbaik untuk dipersembahkan kepada warga Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep.

“Karena apa yang kita lakukan akan menjadi bukti sejarah yang akan dikenang oleh generasi penerus kita nanti,” ujarnya.

Selama kepemimpinannya, sinergitas atara Pemerintah Desa Kebunagung dan seluruh elemen di desa yang dipimpinnya diakuinya berjalan dengan baik.

“BPD, Pokdarwis, Kartar, dan BUMdes, semuanya bersinergi dan terjun langsung dalam progres pembangunan Wisata Goa Jeruk ini,” pungkas Kades Tano baik mulai perencanaan hingga pelaksanaan. (*ji/ily)

Artikel ini telah dibaca 188 kali

Baca Lainnya

Pesisir di Desa Beranta Jadi Tempat Wisata Baru di Pamekasan

11 Juli 2024 - 08:31 WIB

Bersama Pemkab Sumenep, Panitia Matangkan Travelling Wisata ke Gili Labak

8 Juli 2024 - 19:06 WIB

Bupati Fauzi Dampingi Menteri KKP Indonesia Kunjungi Pulau Gili Iyang, Wisata Kebanggaan Sumenep

3 Juli 2024 - 20:39 WIB

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo Ingin Egsol Jadi Pelopor Pelestari Budaya

30 Juni 2024 - 22:41 WIB

Kehadiran Bupati Sumenep pada Festival Desa Wisata 2024 Disambut Antusias Ribuan Pengunjung di Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 20:27 WIB

Ingin Malam Mingguan Bersama Bupati Sumenep, Yuk Hadiri Tarian Flashmob di Bundaran Taman Potre Koneng

29 Juni 2024 - 14:55 WIB

Trending di EKONOMI